kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pilkada, Demokrat belum rampungkan daftar calon


Sabtu, 25 Juli 2015 / 13:33 WIB
Pilkada, Demokrat belum rampungkan daftar calon


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

JAKARTA. Waktu pendaftaran pemilihan kepala daerah secara serentak sudah semakin dekat, yaitu pada 26-28 Juli 2015. Namun, sejauh ini, Partai Demokrat belum juga merampungkan daftar pasangan calon kepala daerah yang akan mereka dukung dalam pilkada serentak.

Ketua Dewan Kehormatan Partai Demokrat Amir Syamsuddin mengungkapkan, partainya kini masih bekerja menggodok sejumlah nama yang akan diusung dalam pilkada serentak. Pada Sabtu (25/7) sore ini, Majelis Tinggi dan Pengurus Harian Partai Demokrat masih akan menggelar rapat internal.

"Kami pikir dalam 1-2 hari ini baru akan selesai dan diumumkan. Kami masih bekerja," ujar Amir saat dihubungi pada Sabtu siang.

Amir menyebutkan, dari 269 pilkada tingkat provinsi dan kabupaten/kota yang akan digelar pada Desember 2015, Partai Demokrat sudah menyelesaikan lebih dari setengahnya. Namun, Amir enggan mengungkapkan siapa-siapa saja yang dipastikan maju dari Partai Demokrat.

"Itu nanti akan disampaikan Ketua Umum dan Sekjen dan tidak sekarang, tapi masih nanti," ucap dia.

Partai Demokrat menentukan pasangan calon kepala daerah yang akan diusung dengan menggunakan beberapa mekanisme. Mulanya, rekomendasi nama pasangan calon kepala daerah akan dibawah oleh Dewan Pimpinan Daerah (DPD) kepada Majelis Tinggi untuk tingkat provinsi dan Pengurus Harian untuk tingkat kabupaten/kota.

Kedua unsur pimpinan di Demokrat itu dikomandoi oleh Susilo Bambang Yudhoyono, Ketua Umum sekaligus Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat.

Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Pandjaitan mengatakan, partainya menggunakan hasil survei sebagai tolak ukur untuk menentukan calon gubernur yang akan diusung.

Selain itu, DPP Partai Demokrat juga menerima masukan dari masing-masing Ketua DPD soal calon yang ada. Komunikasi antarparpol juga dibangun untuk membentuk koalisi.

Terkait koalisi ini, Partai Demokrat menyatakan bisa bergabung dengan Koalisi Indonesia Hebat atau pun Koalisi Merah Putih karena garis partainya yang disebut sebagai penyeimbang.

Pada 26-28 Juli mendatang, KPU di 269 daerah akan membuka pendaftaran. Pelaksanaan pemungutan suara akan dilakukan pada 9 Desember 2015. (Sabrina Asril)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×