kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.333.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pilih dan mengawasi menteri lewat KawalMenteri.org


Senin, 18 Agustus 2014 / 09:34 WIB
Pilih dan mengawasi menteri lewat KawalMenteri.org
ILUSTRASI. PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) atau Holding Pangan ID Food meluncurkan produk-produk retail pangan. Tribunnews/Irwan Rismawan


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

JAKARTA. Satu lagi website independen yang diluncurkan oleh para penggiat cyber untuk mengawasi jalannya pemerintahan, yaitu KawalMenteri.

KawalMenteri yang memiliki alamat www.kawalmenteri.org tersebut merupakan website yang mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk aktif mengusulkan dan menilai para calon menteri yang terbaik.

Koordinator Tim Materi KawalMenteri, Diding Sakri menyatakan, semua relawan yang terlibat dipastikan tidak memiliki afiliasi politik terhadap partai mana pun.

"Mereka concern terlibat sebagai moderator untuk memfasilitasi suara publik demi kabinet yang lebih baik," ujarnya.

Dalam siaran pers yang diterima oleh KompasTekno, Minggu (17/8), koordinator KawalMenteri, Zaid P. Nasution mengatakan, "Platform tersebut diperlukan untuk memfasilitasi arus baru demokrasi yang partisipatif, transparan, dan akuntabel di Indonesia."

Selain itu, menurut Zaid, KawalMenteri.org juga memungkinkan adanya penyampaian pendapat langsung dan penilaian publik terhadap para Menteri yang akan duduk di kabinet baru.

Selain halaman web KawalMenteri.org, terdapat pula akun jejaring sosial Twitter (@KawalMenteri) dan Facebook (facebook.com/KawalMenteri).

Masyarakat bisa menyampaikan pendapatnya tentang siapa-siapa yang pantas menduduki jabatan suatu menteri, beserta alasannya melalui kedua jejaring sosial tersebut.

Tak hanya untuk memilih para menteri saja, situs KawalMenteri.org menurut Zaid juga akan digunakan untuk mengawal dan memberikan penilaian terhadap kinerja para menteri yang telah terpilih nantinya.

"Ada tiga tujuan KawalMenteri, yaitu jangka pendek, menengah dan panjang," terang Zaid.

"Untuk jangka panjangnya, kami berharap KawalMenteri menjadi media alternatif untuk memfasilitasi proses demokrasi yang partisipatif, transparan, dan akuntabel dalam tata kelola pemerintahan dan negara," imbuh Zaid. (Reska K. Nistanto)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×