kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45933,51   5,16   0.56%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Persiapan kenormalan baru, Satgas Lawan Covid-19 DPR sambangi Menko Airlangga


Jumat, 29 Mei 2020 / 14:19 WIB
Persiapan kenormalan baru, Satgas Lawan Covid-19 DPR sambangi Menko Airlangga
ILUSTRASI. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto


Sumber: Kompas.com | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Satuan Tugas (Satgas) Lawan Covid-19 DPR RI melakukan kunjungan ke kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jumat (29/5). 

Dalam pertemuan dengan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, tim Satgas Lawan Covid-19 DPR membahas dan menyelaraskan visi penerapan kenormal baru (new normal) terutama mengenai protokol kesehatan. 

Menurut Koordinator Satgas Lawan Covid-19 DPR RI Sufmi Dasco Ahmad, data yang telah disiapkan dan dipaparkan oleh Airlangga telah akurat dan detail, sehingga new normal dapat dilaksanakan dengan baik dalam waktu dekat. 

Baca Juga: Ada 89 proyek yang direkomendasikan jadi PSN Baru

“Hari ini kami ke Kemenko Perekonomian dan sudah dipaparkan dengan baik mengenai jangka panjang dan jangka pendek new normal di berbagai sektor. Itu detail daerah per daerah. Namun, secara umum kami menilai sudah cukup baik mendekati sempurna. Terkait persiapan new normal dari berbagai data yang akurat, dan kami lihat bisa dilaksanakan dengan baik," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (29/5). 

Meski demikian, pihaknya masih mempertanyakan mengenai pengaturan sektor pendidikan di masa new normal. 

"Sektor pendidikan yang masih harus lebih didetail kan karena menyangkut berbagai aspek terutama bagaimana pengaturan sekolah maupun pesantren,” lanjut dia. 

Sementara itu, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menjelaskan, persiapan new normal di setiap daerah yang sudah siap menerapkannya berdasarkan data yang ada terkait epidemiologinya. 

Di hadapan tim Satgas Lawan Covid DPR, Airlangga memaparkan daerah-daerah yang dinilai siap untuk menerapkan kenormalan baru berdasarkan data di lapangan. 

Baca Juga: Protokol new normal disiapkan berdasarkan reproduction rate dan perkembangan kasus

Dia mengatakan, seluruh data kesiapan daerah tersebut bersumber dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan diolah lagi oleh Bappenas. Selain itu, politisi Partai Golkar ini juga menjelaskan bahwa skema new normal tergantung pada kesiapan pemerintah daerah. 

"Data diakurasi oleh Bappenas, sehingga mencerminkan daerah per daerah, jadi tidak one size fit for all. Implementasinya juga tergantung kesiapan daerah masing-masing," ujarnya. (Ade Miranti Karunia)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sambangi Menko Airlangga, Satgas Lawan Covid-19 DPR: Persiapan New Normal Dekati Sempurna".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×