kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45881,34   -4,84   -0.55%
  • EMAS1.329.000 -0,67%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Persiapan Arus Mudik, Simak Rekayasa Simulasi Lalu Lintas Selama Mudik


Jumat, 22 April 2022 / 10:45 WIB
Persiapan Arus Mudik, Simak Rekayasa Simulasi Lalu Lintas Selama Mudik
ILUSTRASI. Jalan tol


Reporter: Lailatul Anisah | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Untuk mengurangi potensi kemacetan saat puncak arus mudik, Kepolisian akan menerapkan rekayasa lalu lintas tol Trans-Jawa. Berbagai persiapan telaah disiapkan termasuk rekayasa lalu lintas berupa sistem ganjil genap dan satu arah yang akan diberlakukan mulai 28 April 2022.

Kepala Korlantas (Kakorlantas) Polri Irjen Firman Shantyabudi memprediksi, ada 23 juta kendaraan akan meninggalkan Jakarta secara bersamaan. Dalam kondisi seperti ini diperkirakan rasio kendaraan berada di angka hampir 1,9.

“Dalam kondisi ini, mobil tidak akan bisa bergerak sama sekali, kami mempersiapkan contraflow dan berkoordinasi dengan Jasa Marga. Dan prediksi kami, itu bisa mengurangi rasio kendaraan menjadi 1,6,” kata Firman dalam konferensi pers, secara daring , Kamis (21/4)

Lebih lanjut Korlantas juga menyiapkan rekayasa lalu lintas one way guna mengurangi rasio kendaraan. Dalam keterangannya Korlantas akan menambah satu jalur dan berhasil mengurangi rasio kendaraan hingga 0,8.

Baca Juga: Agar Terhindar dari Macet Parah, Pilih Tanggal Ini untuk Mudik Lebaran

Firman menyebut rasio kendaraan harus di bawah angka satu agar kendaraan pemudik dapat berjalan. “Dengan rasio 0,8 kendaraan berputar tapi masih sangat pelan, tapi ini cukup membantu,” pungkas Firman.

Per tanggal 28 April sampai 1 Mei, Korlantas bersama Direktur Jendral hubungan Darat Kementerian Perhubungan mulai menerapkan pembatasan operasi pada kendaraan berat. Dan kebijakan ini diyakini dapat menekan rasio hingga 0,4.

Pada posisi ini, Firman mengatakan, kendaraan pemudik dapat berjalan lancar. Meski demikian pihaknya juga telah menyiapkan rekayasa one way dan sistem ganjil – genap jika memang rasio kendaraan tidak menyentuh angka 0,4.

Ganjil genap dan satu arah akan diterapkan bersamaan mulai dari Kilometer 47 Tol Jakarta-Cikampek hingga Km 414 Gerbang Tol Kalikangkung di Semarang, Jawa Tengah, pada 28 April sampai 1 Mei 2022. Pada 28 April, kebijakan itu diterapkan pukul 17.00-24.00.

Baca Juga: Catat! Tarif Tol Gratis Jika Terjadi Hal Ini di Gerbang Tol Saat Mudik

“Pada 29-30 April, ganjil genap dan satu arah diterapkan pukul 07.00-24.00. Sementara pada 1 Mei durasinya lebih singkat, yakni pada pukul 07.00-12.00,” sebut Firman.

Masyarakat dihimbau untuk dapat memanfaatkan jadwal tersebut untuk kelancaran mudik dan jika memungkinkan, masyarakat dapat mudik sebelum tanggal 28 April 22 sehingga tidak terjadi penumpukan kendaraan di jalan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×