kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini melemah


Senin, 08 Februari 2021 / 14:06 WIB
Persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini melemah
ILUSTRASI. Pengunjung melintas depan kios-kios di salah satu pusat belanja di Tangerang Selatan, Selasa (5/1). Persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini melemah.


Reporter: Bidara Pink | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi bulan Januari 2021 nampak melemah. Ini tercermin dari Indeks Kondisi Ekonomi (IKE) Saat ini yang sebesar 63,0, lebih rendah dari 68,6 pada bulan sebelumnya.

Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan, penurunan persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini disebabkan oleh adanya kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di beberapa wilayah.

“Khususnya Jawa dan Bali, yang berdampak pada kembali menurunnya aktivitas ekonomi dan terbatas penghasilan masyarakat,” ujar Erwin dalam laporannya, Senin (8/2).

Penurunan IKE saat ini terjadi pada seluruh komponen penyusunnya, terdalam pada INdeks Ketersediaan Lapangan Kerja dengan penurunan 10,3 poin menjadi 43,2. Menurut kelompok pendidikan, penurunan indeks ketersediaan lapangan kerja terjadi pada seluruh kelompok pendidikan responden, terutama responden dengan latar belakang pendidikan Akademi.

Baca Juga: Survei Konsumen BI: Keyakinan konsumen turun pada Januari 2021

Kemudian, keyakinan konsumen terhadap penghasilan saat ini juga melemah dari 73,6 pada Desember 2020 menjadi 69,3 pada Januari 2021. Penurunan indeks terjadi pada seluruh kategori pengeluaran, terutama pada kelompok responden dengan tingkat pengeluaran Rp 1 juta hingga Rp 3 juta per bulan.

Sejalan dengan penurunan keyakinan terhadap penghasilan dan ketersediaan lapangan kerja, keyakinan konsumen untuk melakukan pembelian barang tahan lama pada Januari 2021 juga mengalami penurunan dari 78,8 menjadi 76,6.

Penurunan terutama terjadi pada jenis barang elektronik, furnitur, dan perabot rumah tangga. Penurunan indeks terjadi pada hampir seluruh kategori tingkat pengeluaran, terutama pada responden dengan pengeluaran Rp 3,1 juta hingga Rp 4 juta per bulan.

Selanjutnya: Seluruh kategori tingkat pengeluara naik, IKK bulan Desember 2020 menguat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×