kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Persepsi Konsumen tentang Kondisi Ekonomi Saat Ini Meningkat


Senin, 10 Januari 2022 / 12:35 WIB
Persepsi Konsumen tentang Kondisi Ekonomi Saat Ini Meningkat
ILUSTRASI. Ilustrasi belanja konsumen. KONTAN/Baihaki


Reporter: Bidara Pink | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini terpantau meningkat pada Desember 2021. 

Hasil Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) menunjukkan, ini tercermin dari Indeks Kondisi Ekonomi (IKE) Saat Ini Desember 2021 yang sebesar 99,9 atau membaik dari 99,2 pada bulan sebelumnya. 

“Peningkatan IKE ini didukung oleh peningkatan pada indeks penghasilan saat ini dan ketersediaan lapangan pekerjaan,” tutur Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono dalam laporannya, Senin (10/1). 

Hanya saja, meski mengalami peningkatan, persepsi konsumen akan kondisi ekonomi saat ini masih berada dalam zona pesimistis, atau indeks berada di bawah 100. 

Erwin merinci, Indeks Penghasilan Saat Ini pada bulan laporan sebesar 109,6 atau naik 1,3 poin dari bulan sebelumnya yang sebesar 108,3. 

Indeks Penghasilan Saat Ini tercatat meningkat terutama pada kelompok responden dengan tingkat pengeluaran lebih dari Rp 5 juta per bulan. Sedangkan dari sisi usia, naik pada responden dengan rentang usia 20 tahun hingga 30 tahun dan 41 tahun hingga 50 tahun. 

Persepsi konsumen terhadap ketersediaan lapangan kerja juga tercatat membaik. Indeks Ketersediaan Lapangan Kerja tercatat 98,1 atau naik 1,8 poin dari 96,3 pada bulan sebelumnya. 

Baca Juga: YLKI: Tren Tingkat Pengaduan Konsumen Masih Rendah

Berdasarkan kategori pendidikan, kenaikan indeks tersebut terjadi khususnya pada kelompok responden dengan latar belakang pendidikan akademi dan sarjana. Sedangkan menurut usia, indkes terpantau membaik pada hampir seluruh kelompok usia responden. 

Sebaliknya, keyakinan konsumen untuk melakukan pembelian barang tahan lama (durable goods) terpantau menurun pada Desember 2021. Indeks Pembelian Barang Tahan Lama tercatat 91,9 atau turun 1,1 poin dari 93,0 pada bulan November 2021. 

Penurunan indeks terjadi pada mayoritas tingkat pengeluaran responden, terdalam pada responden dengan pengeluaran lebih dari Rp 5 juta per bulan dan berdasarkan kategori usia, penurunan indeks terjadi pada hampir seluruh kelompok usia responden. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×