kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perkuat operasi teknologi modifikasi cuaca, BPPT kembangkan kecerdasan buatan


Kamis, 29 Juli 2021 / 08:16 WIB
Perkuat operasi teknologi modifikasi cuaca, BPPT kembangkan kecerdasan buatan
ILUSTRASI. Sejumlah pegawai memasuki Kantor Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) / Badan Riset dan Inovasi Nasional di Jakarta. ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/rwa.


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) terus meningkatkan pengimplementasian Kecerdasan Artifisial (KA) untuk mendukung operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan di Indonesia.

Kepala BPPT Hammam Riza menjelaskan arahan Presiden RI pada saat Rakernas BPPT lalu, bahwa BPPT harus menjadi pusat kecerdasan teknologi Indonesia termasuk dalam upaya antisipasi maupun mitigasi bencana. Penugasan nasional BPPT terkait penanggulangan bencana kabut asap akibat karhutla sudah tertuang pada Instruksi Presiden No.3 tahun 2020.

"Untuk menjadikan TMC sebagai salah satu solusi permanen penanggulangan karhutla, operasi TMC harus dilaksanakan dengan teknologi yang cerdas, sehingga selaras dengan dua arahan Presiden tersebut,” ujar Hammam dalam siaran pers, Kamis (29/7).

Untuk mewujudkan BPPT sebagai pusat kecerdasan teknologi Indonesia, terutama pada bidang kecerdasan artifisial, maka dibutuhkan infrastruktur yang mampu melayani segenap kegiatan riset dan inovasinya. Dalam hal ini BPPT telah melakukan investasi peralatan perangkat high performance computing untuk dapat melayani kegiatan pengembangan modelling KA.

Baca Juga: Cuaca hari ini di Jabodetabek cerah, awas panas menyengat di siang hari

"Salah satu perangkat yang telah dimiliki oleh BPPT saat ini adalah NVIDIA DGX A100. Diharapkan dengan tersedianya infrastruktur yang memadai, maka kegiatan pengembangan aplikasi yang memanfaatkan KA akan semakin berkembang,” paparnya.

NVDIA DGX A100 adalah sistem universal untuk semua beban kerja KA yang menawarkan kepadatan komputasi, kinerja dan fleksibilitas dalam sistem KA 5 peta FLOPS pertama di dunia. Perangkat ini menampilkan akselerator tercanggih di dunia, GPU NVIDIA A100 Tensor Core.

Deputi Kepala BPPT Bidang TPSA Yudi Anantasena menambahkan seringkali BBTMC diminta untuk melaksanakan operasi TMC untuk memadamkan api kebakaran hutan dan lahan pada saat puncak musim kering. Dimana awan-awan potensial sudah sangat berkurang, sehingga operasi TMC menjadi kurang efektif dan efisien

"Untuk itu diharapkan kegiatan riset dan inovasi di BBTMC dapat menggunakan metodologi KA sehingga dapat menghasilkan sebuah tools yang dapat membantu mengambil keputusan waktu yang tepat untuk pelaksanaan TMC,” ujar Yudi.

Selanjutnya: BPPT Modifikasi Cuaca Antisipasi Kebakaran Riau

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×