kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Peringkat universitas terbaik ASEAN, berikut posisi kampus Indonesia


Rabu, 18 September 2019 / 11:28 WIB

Peringkat universitas terbaik ASEAN, berikut posisi kampus Indonesia
ILUSTRASI. Mahasiswa mengikuti pelatihan komputasi awan


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. The Times Higher Education baru saja merilis Peringkat Universitas Dunia 2020 yang mencakup hampir 1.400 universitas dari 92 negara.

Penilaian ini berdasarkan pada 13 indikator kinerja yang mengukur kinerja universitas dalam empat hal meliputi: pengajaran, penelitian, transfer pengetahuan, dan pandangan internasional.

Di dunia, untuk tahun keempat berturut-turut, University of Oxford memimpin peringkat di tempat pertama, sementara University of Cambridge turun ke urutan ketiga. Institut Teknologi California naik tiga tempat ke urutan kedua, sedang Stanford, Yale, Harvard, dan Imperial College London semuanya masuk di sepuluh besar.

Baca Juga: Trending Topics: Peserta BPJS naik kelas gratis, 6 universitas peringkat dunia

China menempatkan dua universitas top Asia, dengan Universitas Tsinghua dan Peking masing-masing berada di peringkat ke-23 dan ke-24. Universitas-universitas di negara itu terus memperluas pengaruh dan kehadiran mereka di panggung dunia.

Universitas di eropa, terutama top universitas Italia, membuat kemajuan masuk dalam 200 elite teratas. Demikian juga perwakilan universitas Jerman tetap kuat. Hanya beberapa universitas Inggris yang mengalami penurunan.

Iran memiliki 11 universitas yang masuk dalam daftar. Beberapa negara baru bergabung tahun ini, seperti Brunei, Kuba, Malta, Montenegro, Puerto Riko, dan Vietnam.

Bagaimana peta universitas terbaik ASEAN? Setidaknya ada 7 negara ASEAN masuk dalam penilain peringkat versi THE meliputi: Brunei, Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Ketujuh negara ASEAN ini berhasil menempatkan setidaknya 40 lebih universitas di peringkat THE dunia. Berikut 10 universitas terbaik ASEAN versi THE:

1. National University of Singapore, Singapura (peringkat 25 dunia) 


Reporter: kompas.com
Editor: S.S. Kurniawan

Video Pilihan

Terpopuler

Close [X]
×