kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Peringati 70 tahun hubungan diplomatik China-Indonesia dengan Panda dan Garuda Emas


Senin, 13 April 2020 / 14:12 WIB
Peringati 70 tahun hubungan diplomatik China-Indonesia dengan Panda dan Garuda Emas
ILUSTRASI. 70 tahun hubungan diplomatik China-Indonesia dengan?meluncurkan sampul dan perangko?Panda dan Garuda Emas serta?Barong Bali dan Barong Sai


Reporter: Bidara Pink | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indonesia dan China meluncurkan sampul dan perangko dalam rangka memperingati 70 tahun hubungan diplomatik antara kedua negara. Sampul dan perangko ini memuat logo peringatan yaitu Panda dan Garuda Emas yang menggambarkan persahabatan keduanya.

Peluncuran ini dilakukan lewat kerja sama antara Kementerian Luar Negeri RI, KBRI Beijing, PT Pos Indonesia, serta Kedubes China di Jakarta dan China Post, serta diluncurkan secara daring.

"Dipilihnya burung Garuda Emas rupanya bermakna kuat dan jaya, sementara Panda merupakan simbol filosofis kedamaian," tulis Kemenlu RI dalam keterangan resminya, Senin (13/4).

Baca Juga: Lebih dari 400.000 orang sembuh, ini fakta menarik tentang penyembuhan Covid-19

Selain Garuda Emas dan Panda, ditampilkan pula beberapa kekhasan dari kedua negara, seperti Barong Bali dan Barong Sai yang dipercaya sebagai kekayaan peradaban dan simbol kedekatan kebudayaan antara Indonesia dan China.

Tak hanya itu, ada juga sampul bergambar Candi Borobudur yang disandingkan dengan Tembok Raksasa, serta keindahan alam Raja Ampat di Provinsi Papua Barat dan Sungai Li di Kota Guilin, Provinsi Guangxi.

"Penggabungan simbol dan makna ini menggambarkan persahabatan kedua rakyat yang erat dan berkontribusi positif bagi kemakmuran dan perdamaian dunia," tambah Kemenlu.

Untuk selanjutnya, berbagai program kegiatan akan dilakukan di sepanjang tahun ini untuk memperingati 70 tahun hubungan diplomatik. Rangkaian program tak hanya berjalan di Indonesia, tetapi juga di negara tirai bambu tersebut.

Baca Juga: Trump kecam pakar yang akui AS bisa selamatkan banyak nyawa bila bergerak lebih cepat

Rangkaian peringatan nantinya akan mengedepankan semangat persahabatan, sinergi, serta kolaborasi untuk memperkuat kerja sama bilateral dalam berbagai bidang.

Seperti yang telah diketahui, hubungan antara Indonesia dan China sudah terjalin sejak ratusan tahun lalu. Kemitraan yang telah terjalin selama ini juga telah menghasilkan berbagai capaian yang ditujukan untuk membangun negara masing-masing.

Beberapa di antaranya adalah China merupakan mitra dagang terbesar di Indonesia dan salah satu investor terbesar di Indonesia. Tak hanya itu, China juga menyumbang kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia, bahkan yang terbesar kedua di sepanjang tahun lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×