kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Percepat internet daerah terpencil, pemerintah akan bangun 4.000 BTS tahun depan


Senin, 14 Oktober 2019 / 14:21 WIB
Percepat internet daerah terpencil, pemerintah akan bangun 4.000 BTS tahun depan
ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo (kedua kanan) bersama Menkominfo Rudiantara (kanan), Menko Perekonomian Darmin Nasution (kedua kiri) dan Seskab Pramono Anung meresmikan pengoperasian Palapa Ring di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (14/10/2019). Palapa Ring tersebut ak

Reporter: Abdul Basith | Editor: Komarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Usai meresmikan tol langit Palapa Ring bagian timur, pemerintah akan membangun 4.000 base transceiver station (BTS) pada tahun depan. Pembangunan BTS ini mempercepat jaringan internet di daerah terpencil.

"Tahun depan memang masih akan dibangun lagi kurang lebih 4.000 BTS yang akan menjadi infrastruktur yang akan mempercepat internet kita," ujar Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meresmikan Palapa Ring di Istana Negara, Senin (14/10).

BTS akan menunjang Palapa Ring yang sudah 100% terhubung sebelumnya. Mulai dari daerah Indonesia barat, tengah, hingga wilayah Indonesia timur.

Baca Juga: Zaman berkembang, Jokowi ingatkan dampak hadirnya data digital

Indonesia timur akan menjadi prioritas dalam pembangunan BTS. Pasalnya Jokowi bilang, selama ini Indonesia masih mengalami kesenjangan teknologi.

"Mungkin yang paling banyak di Indonesia timur ini terutama di Papua, memang pada titik tertentu masih memerlukan pembangunan BTS," terang Jokowi.

Indonesia timur, kata Jokowi, yang paling lambat dalam pengembangan infrastruktur digital. Hal itu dikarenakan medan yang berat sehingga menyulitkan pengangkutan barang untuk membangun BTS.

Baca Juga: Jokowi resmikan peluncuran Palapa Ring bagian timur



Video Pilihan

TERBARU

Close [X]
×