kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perbaiki jalan nasional, PU siapkan Rp 120 miliar


Senin, 13 Februari 2012 / 16:14 WIB
Perbaiki jalan nasional, PU siapkan Rp 120 miliar
ILUSTRASI. PT Sharp Electronics Indonesia (SEID) saat meluncurkan tiga seri AC


Reporter: Rika Panda | Editor: Dupla Kartini

JAKARTA. Kementerian Pekerjaan Umum (PU) menyiapkan lima paket perbaikan jalan nasional di Ibukota Indonesia, DKI Jakarta, dengan anggaran mencapai Rp 120,45 miliar.

Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian PU Waskito Pandu mengungkapkan, anggaran itu nantinya digunakan untuk memperbaiki lima paket jalan nasional, dan satu flyover di DKI Jakarta dengan total panjang 12,85 kilometer.

Lima paket itu meski berada di wilayah DKI Jakarta, perbaikan jalannya menjadi tanggung jawab pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian PU, karena berstatus jalan nasional. Anggaran perbaikan kelima paket jalan ini akan berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) Kementerian PU tahun 2012.

“Saat ini pemerintah telah membuka proses lelang perbaikan jalan nasional dengan sistem e-procurement,” kata Waskito Pandu, di Jakarta, Senin (13/2).

Menurut Pandu, ditargetkan pada Maret mendatang seluruh paket perbaikan jalan-jalan nasional itu sudah tercapai kontrak, sehingga pembangunannya dapat segera terlaksana. Paket pekerjaan perbaikan ini bersifat single year, sehingga pihaknya menargetkan seluruh perbaikan ini dapat rampung sebelum akhir tahun ini.

Berikut rincian kelima paket jalan-jalan nasional yang akan diperbaiki. Pertama, pengerjaan jalan S.Parman, jalan Gatot Subroto dan MT Haryono dengan total panjang 5,4 km, dan alokasi anggaran Rp 30 miliar.

Paket kedua, yaitu peningkatan jalan DI Panjaitan dan jalan Cakung Cilincing, dengan total perbaikan jalan sepanjang 2,439 km, dan nilai kontrak Rp 24,5 miliar. Paket ketiga, yaitu perbaikan dan peningkatan jalan rusak di jalan RE Martadinata sepanjang 1,9 km dengan alokasi anggaran Rp 52,8 miliar.

Paket keempat, yaitu perbaikan jalan nasional di jalan TB Simatupang dan jalan Mayjen Sutoyo. Panjangnya 2,6 km dan nilai paket Rp 7 miliar. Lalu, paket kelima ialah peningkatan jalan Lingkar Barat sepanjang 255 meter dengan alokasi anggaran Rp 1,15 miliar.

Selain itu, Kementerian PU juga menyiapkan dana sebesar Rp 5 miliar untuk pengerjaan lanjutan flyover di Rawa Buaya sepanjang 300 meter.

Pandu menggarisbawahi, besarnya anggaran perbaikan dan peningkatan jalan rusak di jalan RE Martadinata sepanjang dengan alokasi anggaran Rp 52,8 miliar, lantaran perbaikan jalan tersebut menggunakan penanganan khusus, sebab berada di pinggir pantai. "Sehingga material yang digunakan khusus, karena itu biaya yang dikeluarkan lebih mahal," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×