kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45769,82   10,44   1.37%
  • EMAS915.000 -0,44%
  • RD.SAHAM -0.01%
  • RD.CAMPURAN 0.24%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Perangi Covid-19 di Indonesia, Bobobox sediakan 100 sleeping pod untuk tim medis


Jumat, 10 April 2020 / 19:11 WIB
Perangi Covid-19 di Indonesia, Bobobox sediakan 100 sleeping pod untuk tim medis
ILUSTRASI. Co-Founder & Brand Manager PT Bobobox Mitra Indonesia (PT BMI) Ahmad Qoir (kiri) memberikan penjelasan fasilitas kamar kepada pengunjung seusai acara peluncuran Pods Hotel Bobobox di Jalan Pasirkaliki, Kota Bandung, Jumat (27/7/2018). Tempat penginapan de

Reporter: Dadan M. Ramdan | Editor: Dadan M. Ramdan

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan startup akomodasi dan pariwisata berbasis teknologi asal Bandung, Bobobox bersama Li Ka Shing Foundation mendonasikan 100 sleeping pod atau kapsul tempat tidur ke rumah sakit rujukan penanganan covid-19 di DKI Jakarta dan Jawa Barat. Nantinya, sleeping pod ini akan difungsikan sebagai tempat istirahat atau kamar tidur sementara bagi dokter dan para pekerja medis.

Li Ka Shing Foundation merupakan sebuah yayasan yang bergerak di misi-misi kemanusiaan milik orang terkaya kedua di Hong Kong, yakni Li Ka-shing menyumbangkan dana sebesar US$ 250.000 atau sekitar Rp 3,9 miliar (kurs Rp 15.672) untuk memerangi virus Corona (COVID-19) di Indonesia, melalui PT Bobobox Mitra Indonesia.

CEO dan Founder PT Bobobox Indonesia Indra Gunawan mengatakan, program ini didukung penuh oleh Li Ka Shing Foundation. "Kami sangat bersyukur dan berterima kasih adanya rasa percaya dan bantuan yang besar dari salah satu investor Bobobox, sehingga memungkinkan untuk program ini bisa dilaksanakan dalam skala besar di daerah DKI Jakarta dan Jabar," katanya dalam konferensi pers virtual, Jumat (10/4/2020).

Adapun ke-100 shelter pods tersebut disalurkan untuk 12 rumah sakit rujukan corona di Jakarta dan Jabar. Indra berharap sleeping pod iniĀ  bisa menjadi solusi tempat istirahat yang lebih baik, aman, dan nyaman bagi para pekerja medis, sehingga mereka dapat merawat pasien Covid-19 tanpa mengorbankan kesehatan mereka sendiri

Yang terang, 100 sleeping pod tersebut akan terpisah dari zona merah, namun tetap bisa dijangkau dengan berjalan kaki sehingga tetap aman dan nyaman. Sedangkan untuk biaya pembuatan setiap sleeping pod berkisar antara Rp60 juta sampai Rp70 juta, tergantung dari jarak lokasi dan kesiapan fasilitas rumah sakit. Tidak seperti sleeping pod biasa yang terpasang di cabang-cabang hotel Bobobox, pod yang akan dipasang di rumah sakit hanya menggunakan fitur-fitur dasar seperti kasur, bantal, selimut, AC, dan stopkontak. Dengan mengutamakan kenyamanan, keamanan, dan minimalisme, diharapkan para petugas medis bisa beristirahat dengan optimal.

Wakil Direktur Pelaksana CK Hutchison Holdings Limited, Frank Sixt mewakili Li Ka Shing Foundation mengungkapkan, pihaknya sangat senang dapat berkontribusi di Indonesia dengan cara yang inovatif, yaitu melalui penyediaan pod Bobobox. Pihaknya berharap, dengan fasilitas sleeping pod bisa memberikan waktu istirahat yang nyaman dan pemulihan yang cukup untuk meningkatkan kesehatan dan kekuatan para pekerja medis dalam menyelamatkan nyawa pasien covid-19.

Pada kesempatan yang sama, Presiden dan co-founder Bobobox Antonius Bong bilang, shelter pod yang disalurkan pihaknya ini dirancang khusus untuk tim medis. Dengan demikian, ada perbedaan dengan shelter pod yang digunakan di hotel-hotel Bobobox. "Pod-pod yang kami sediakan untuk hospital adalah pod yang berbeda. Jadi, kami khusus memprodduksi pods untuk rumahsakit," ujarnya.

Eka Mulyana, Ketua Umum IDI Jawa Barat juga berharap dengan adanya donasi ini, para rekan seprofesinya beserta tenaga medis bisa memiliki kualitas istirahat yang lebih baik dan lebih siap untuk merawat para pasien covid-19. "Kami berharap bantuan serupa juga dapat diberikan pada sejumlah rumahsakit rujukan Covid -19 di kabupaten dan kota Provinsi Jawa Barat maupun daerah lainnya," pinta dia.

Berikut daftar 12 RS yang memperoleh shelter pod dari Li Ka Shing Foundation dan Bobobox:
1. RSPI Sulianti Saroso, Jakarta Utara (8 pod)
2. RSUD Koja, Jakarta Utara (10 pod)
3. RSUD Cengkareng, Jakarta Barat (10 pod)
4. RSUD Tarakan, Jakarta Pusat (4 pod)
5. RSKD Duren Sawit, Jakarta Timur (4 pod)
6. RS Hasan Sadikin, Bandung (4 pod)
7. RSUD Subang, Subang (4 pod)
8. RS Pelni, Jakarta Barat (16 pod)
9. RSUD Bekasi, Bekasi (10 pod)
10. RS Dustira, Cimahi (8 pod)
11. RSUD Karawang, Karawang (8 pod)
12. RSUD Bayu Asih, Purwakarta (6 pod)

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×