kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pengalihan rastra ke BPNT diharapkan bisa terealisasi Februari 2019


Minggu, 06 Januari 2019 / 15:20 WIB
Pengalihan rastra ke BPNT diharapkan bisa terealisasi Februari 2019
ILUSTRASI. Buruh Angkut Memindahkan Beras Bulog


Reporter: Tane Hadiyantono | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Program Kementerian Sosial untuk mengalihkan skema bantuan beras sejahtera (rastra) menjadi seluruhnya Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) bisa terealisir pada Februari 2019 ini.

Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial Harry Hikmat mengungkapkan, setidaknya pada bulan Februari, peralihan rastra menjadi full BPNT akan terealisir. "Harapannya tahun ini di Februari akan terlihat," kata dia saat dihubungi Kontan.co.id, Minggu (6/1).

Untuk memperlancar proses peralihan ini, dari sisi infrastruktur, Kementerian Sosial tengah mengarahkan agar warga Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dapat dibantu untuk memiliki e-warong atau fasilitas agen perbankan himbara yang bisa digunakan untuk pencairan BPNT.

Harapannya, melalui dorongan tersebut, KPM e-warong dapat mengembangkan bisnis dan mendorong perputaran ekonomi mikro di daerahnya karena sekaligus menjadi agen perbankan mini. "Orientasi program PKH dan BPNT ini bakal jadi cermin ekonomi mikro yang riil, bisa menyediakan pinjaman kredit kecil juga," lanjut Harry.

Dalam catatan Kontan.co.id, pemerintah mengharapkan peralihan bansos rastra menjadi BPNT bakal terealisir pada Februari ini dengan target penerima BPNT sebanyak 15,6 juta KPM dari angka tahun 2018 di 10 juta KPM.

Ke depan, pemerintah berharap target keluarga penerima BPNT bisa disamakan dengan penerima PKH di kisaran 10 juta keluarga.

Sejumlah pakar ekonomi menilai peralihan rastra menjadi BPNT ini akan memberikan fleksibilitas pada pemerintah sekaligus membantu masyarakat menentukan belanja kebutuhan sehari-hari dengan kualitas yang baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×