kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45997,25   4,56   0.46%
  • EMAS1.134.000 0,18%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pendaftaran Prakerja Dibuka Tiap Dua Minggu, Klik Prakerja.go.id untuk Daftar


Jumat, 02 Juni 2023 / 16:32 WIB
Pendaftaran Prakerja Dibuka Tiap Dua Minggu, Klik Prakerja.go.id untuk Daftar
ILUSTRASI. Pendaftaran Prakerja Dibuka Tiap Dua Minggu, Klik Prakerja.go.id untuk Daftar


Reporter: Adi Wikanto, Vendy Yhulia Susanto | Editor: Adi Wikanto

Daftar Kartu Prakerja 2023 - Kabar gembira, pendaftaran Kartu Prakerja mulai Juni 2023 akan dibuka setiap dua minggu sekali. Simak cara daftar Kartu Prakerja 2023. Cek juga manfaat penerima Kartu Prakerja 2023.

Kuota penerima kartu prakerja tahun 2023 ini ditargetkan mencapai 1 juta penerima. Untuk mencapai target tersebut, waktu pembukaan gelombang pendaftaran (batch) penerimaan peserta kartu prakerja akan lebih terjadwal.

Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari mengatakan, sebelumnya waktu pembukaan gelombang kartu prakerja tidak menentu. Namun, mulai Juni, waktu pembukaan gelombang pendaftaran akan dibuka setiap dua minggu.

"Tidak ada angka tetap per batch-nya berapa, tidak ada. Kita pasti kemudian akan habiskan 1 juta (kuota) itu," ujar Denni saat konferensi pers, Rabu (31/5).

Nantinya waktu pembukaan pendaftaran Kartu Prakerja 2023 setiap gelombang akan dilakukan setiap dua minggu sekali. Yakni pada Jumat mulai pukul 12.00 hingga Senin pukul 23.59.

“Dengan dibuka gelombang dan ditetapkan peserta setiap dua mingguan, para peserta yang belum lolos jadi tidak lupa untuk terus ikut gabung secara reguler. Hanya satu klik saja, sudah memastikan agar mereka ikut diperhitungkan dalam penetapan peserta di gelombang berikutnya,” kata Denni.

Baca Juga: Proyeksi Terbaru BI: Ekonomi Indonesia Tahun Depan Akan Tumbuh 4,7%-5,5%

Lebih lanjut Denni menyampaikan, peserta Program Kartu Prakerja yang berasal dari kelompok perempuan dan kelompok anak muda meningkat signifikan pada periode program di tahun 2023.

Persentase kepesertaan perempuan naik menjadi 55% dari seluruh peserta dibanding pada periode 2020 sampai 2022 yang sebesar 51% ketika Kartu Prakerja menjalankan fungsi bantuan sosial.

Sementara untuk perbandingan periode yang sama, jumlah peserta kartu prakerja kelompok umur 18-25 tahun pada tahun 2020-2022 sebanyak 27%. Persentase tersebut meningkat menjadi 35% pada tahun 2023.

Kenaikan persentase kepesertaan tersebut merupakan data untuk periode pelaksanaan program yang dimulai sejak Februari hingga Mei 2023.

Total jumlah peserta mencapai lebih dari 390.000 yang merupakan peserta Gelombang 48 sampai Gelombang 53. Peserta itu berasal dari 488 kabupaten/kota, dari total 514 kabupaten/kota yang ada di seluruh Indonesia.

Data yang sama juga menunjukkan peningkatan persentase peserta yang berasal dari desa. Pada tahun 2023 ini, jumlah kepesertaan yang tinggal di desa meningkat signifikan dibanding periode sebelumnya.

Pada periode 2020-2022 persentase peserta yang berasal dari desa adalah 64%. Sementara untuk periode 2023, peserta yang berasal dari desa ada sebesar 70%.

Denni menegaskan kenaikan persentase peserta yang berasal dari desa ini sesuai dengan sifat dan tujuan Program Kartu Prakerja yang inklusif.

“Pelatihan Kartu Prakerja terbukti menjangkau banyak warga Indonesia yang berada di desa. Didukung juga oleh kepesertaan perempuan yang meningkat menunjukkan bahwa Prakerja memang inklusif menjangkau berbagai lapisan dan golongan,” kata Denni.

Manfaat Kartu Prakerja 2023

Peserta yang berhasil lolos seleksi program Kartu Prakerja 2023 akan mendapat manfaat berupa bantuan pelatihan/pembekalan kompetensi kerja dan/atau kewirausahaan. Para peserta juga mendapatkan insentif tunai.

Setiap penerima Kartu Prakerja gelombang 46 akan mendapatkan paket manfaat bernilai total Rp 3.550.000, terdiri dari:

1. Bantuan biaya pelatihan sebesar Rp 1 juta yang dapat digunakan untuk membeli aneka pelatihan di platform digital mitra termasuk SISNAKER.

2. Insentif yang akan ditransfer ke rekening bank atau e-wallet LinkAja, Ovo atau GoPay milik peserta. Insentif ini terdiri dari dua bagian:

- Insentif pasca penuntasan pelatihan pertama sebesar Rp 600.000 per bulan selama empat bulan (Rp 2,4 juta).

- Insentif pasca pengisian survei evaluasi sebesar Rp 50.000 per survei untuk tiga kali survei (Rp150.000).

Cara daftar atau membuat akun Prakerja

Akun Prakerja hanya bisa dibuat melalui laman resmi Prakerja di prakerja.go.id. Berikut cara daftar atau membuat akun Prakerja untuk mendaftar Prakerja:

  1. Masuk ke laman prakerja.go.id
  2. Masukkan alamat email yang masih aktif pada halaman depan laman Prakerja, klik bulatan berwarna biru yang ada di samping kanan kolom email.
  3. Masukkan kembali alamat email yang sebelumnya digunakan, kali ini beserta kata sandinya.
  4. Berikan tanda centang pada kolom persetujuan, kemudian Klik "Daftar".
  5. Pesan berisi tautan untuk memverifikasi akun akan dikirimkan melalui email.
  6. Buka email yang masuk dan verifikasi akun dengan mengklik teks "verifikasi sekarang" pada email yang diterima.
  7. Pembuatan akun Prakerja selesai.

Cara login dashboard Prakerja

Setelah daftar atau membuat akun, kamu bisa masuk atau login ke dashboard Prakerja. Berikut cara login dashboard Prakerja

  1. Masuk ke laman prakerja.go.id
  2. Klik "Masuk" yang ada di bagian menu yang terletak di bagian kanan atas laman.
  3. Masukkan alamat email dan kata sandi yang telah dibuat.
  4. Selesai, kamu telah masuk di dashboard Prakerja
  5. Setelah masuk ke akun, kamu bisa memulai proses pendaftaran dengan mengisikan data diri dan mengunggah dokumen yang diperlukan.
  6. Selanjutnya kamu diminta memasukkan nomor ponsel yang juga didaftarkan untuk akun rekening/e-wallet yang akan dipilih untuk menyalurkan dana insentif nantinya, jika lolos seleksi. Pilihannya adalah rekening BNI, rekening BCA, OVO, GoPay, LinkAja, dan Dana.

Syarat mendaftar Prakerja

Syarat mendaftar Program Kartu Prakerja tahun 2023 antara lain:

  1. WNI berusia 18 tahun ke atas
  2. Tidak sedang menempuh pendidikan formal
  3. Sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro & kecil
  4. Bukan penerima bantuan sosial lainnya selama pandemi COVID-19
  5. Bukan Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, ASN, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan perangkat desa dan Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD
  6. Maksimal 2 NIK dalam 1 KK yang menjadi Penerima Kartu Prakerja

Demikian cara daftar atau membuat akun Prakerja untuk pendaftaran Kartu Prakerja tahun 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×