kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45891,58   -16,96   -1.87%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pemudik Diharapkan Tunda Kepulangan, Manfaatkan Diskon Tarif Tol 17-19 April


Senin, 15 April 2024 / 06:17 WIB
Pemudik Diharapkan Tunda Kepulangan, Manfaatkan Diskon Tarif Tol 17-19 April
ILUSTRASI. Kementerian Perhubungan mencatat pengguna angkutan umum Lebaran 2024 berdasarkan data sampai dengan H1 Lebaran sebanyak 508.877 orang. Data tersebut terpantau dari Posko Pusat Angkutan Lebaran Terpadu 2024 di Kantor Kemenhub di Jakarta, Rabu (10/4).


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - KARAWANG. Menteri Koordinator (Menko) Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy mengajak masyarakat memanfaatkan diskon tarif jalan tol guna menghindari kemacetan saat puncak arus balik Lebaran 2024.

"Masih ada kesempatan untuk mendapatkan tarif diskon tol yaitu tanggal 17 sampai 19. Jadi silakan para pemudik yang menunda keberangkatannya, masih bisa dapat," kata Muhadjir di Km 29 Tol Jakarta Cikampek, Karawang, Jawa Barat, Senin (15/4/2024) dini hari.

Baca Juga: Bos Jasa Marga (JSMR) Beberkan Strategi Antisipasi Kepadatan Arus Balik Lebaran

Selain itu, Muhadjir juga mengingatkan adanya kebijakan work from home (WFH) atau kerja dari rumah bagi aparatur sipil negara (ASN).

Dia juga berharap para ASN yang mudik bisa menunda kepulangannya dari kampung halaman.

"Jangan lupa juga masih ada juga kebijakan untuk WFH, terutama untuk ASN sehingga dia bisa menunda pulang," ujar dia.

Dalam kesempatan ini, Muhadjir mengatakan ada sejumlah kepadatan terjadi di beberapa ruas jalan tol. Salah satu kepadatan terjadi di sekitar Gerbang Tol Cikampek Utama (Cikatama) yang menuju Tol Jakarta Cikampek.

Baca Juga: Arus Balik Lebaran, KAI Tambah Lagi Perjalanan Yogyakarta-Gambir

Meski begitu, ia berharap tidak ada kemacetan total terjadi selama masa arus balik Lebaran ini.

"Insya Allah mudah-mudahan target kita tidak ada kurva yang ekstrem terjadi peak hours maupun peak days, mudah-mudahan target kita tercapai," ujar dia.

Adapun puncak arus balik diprediksi terjadi tanggal 14 dan 15 April 2024. PT Jasa Marga pun memberikan potongan atau diskon tarif Tol Trans Jawa pada 17-19 April sebesar 20 persen kendaraan dari Semarang mengarah ke Jakarta.

Korlantas Polri juga telah menerapkan sejumlah rekayasa lalu lintas di antaranya one way (satu arah), contraflow (lawan arus), dan ganjil genap di sejumlah ruas jalan tol.

Baca Juga: Menhub: WFH ASN selama Dua Hari Bantu Urai Kepadatan Arus Balik Lebaran

Per Senin dini hari, skema one way diterapkan di Km 414 Tol Kalikangkung hingga Km 72 Tol Cipali.

Sementara skema contraflow diberlakukan sebanyak dua lajur di Km 72 Tol Cipali sampai Km 66 Tol Jakarta Cikampek, kemudian dilanjutkan sebanyak tiga lajur hingga Km 47, dan dilanjutkan satu lajur hingga Km 36 Tol Jakarta Cikampek.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Menko PMK Harap Pemudik Tunda Kepulangan, Manfaatkan Diskon Tarif Tol 17-19 April"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×