kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45863,29   1,62   0.19%
  • EMAS1.361.000 -0,51%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pemerintah Tetapkan 25.258 Formasi CASN Kemenhan


Jumat, 07 Juni 2024 / 20:19 WIB
Pemerintah Tetapkan 25.258 Formasi CASN Kemenhan
ILUSTRASI. Kemenpan-RB telah menyetujui formasi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2024 di Kementerian Pertahanan (Kemhan)


Reporter: Handoyo | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah menyetujui formasi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2024 di Kementerian Pertahanan (Kemenhan) sebanyak 25.258 formasi. Keputusan ini diyakini akan memperkuat upaya Kemhan dalam mendukung pembangunan nasional, khususnya dalam aspek pertahanan.

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas menegaskan bahwa formasi yang telah ditetapkan terdiri dari calon aparatur sipil negara (CPNS) Tenaga Teknis sebanyak 13.687, CPNS Tenaga Kesehatan sebanyak 4.597, untuk pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) Tenaga Teknis sebanyak 3.200, dan PPPK Tenaga Kesehatan 3.774.

Penetapan formasi tersebut diserahkan langsung oleh Anas kepada Wakil Menteri Pertahanan M. Herindra di Jakarta, Jumat (07/06).

"Baru saja Pak Wamenhan menjelaskan tentang terobosan di lingkungan Kementerian Pertahanan yang berdampak pada reformasi birokrasi dan akuntabilitas kinerja. Hari ini kami melihat peningkatan signifikan dari beberapa indikator kinerja di Kemhan, dan kami mengucapkan selamat atas hal tersebut," ujar Anas.

Baca Juga: Kemenkeu Sudah Cairkan Gaji ke-13 untuk PNS Hingga Pensiunan Rp 27,94 Triliun

Anas juga menyampaikan bahwa salah satu arah kebijakan CASN tahun 2024, sesuai arahan Presiden Jokowi, adalah merekrut talenta baru yang terkait dengan transformasi digital. Saat ini, pengembangan kapabilitas digital masih belum optimal. Langkah-langkah strategis yang diambil termasuk penguatan GovTech nasional untuk infrastruktur digital yang kuat serta memperkuat kelembagaan yang bertanggung jawab atas koordinasi transformasi digital.

Terkait penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), indeks SPBE Kementerian Pertahanan tahun 2023 meraih nilai 3,43 dengan predikat Baik, yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Anas optimistis bahwa talenta baru yang direkrut nantinya dapat melakukan transformasi digital Kementerian Pertahanan sekaligus memperkuat pertahanan siber.

"Pemberian formasi di Kementerian Pertahanan adalah langkah dukungan untuk menciptakan SDM yang berkualitas dan berdaya saing, terutama dalam bidang pertahanan nasional," tambah Anas.

Baca Juga: 7 Berkas yang Wajib Disiapkan untuk Pendaftaran CPNS 2024, Apa Saja?

Wakil Menteri Pertahanan M. Herindra menyatakan bahwa pemberian formasi CASN tahun 2024 bertujuan untuk mengisi kekosongan beberapa jabatan yang sebelumnya ditinggalkan karena pensiun atau alasan lainnya. Ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja Kementerian Pertahanan dalam mendukung pembangunan nasional.

"Ini menjadi tantangan kita ke depan untuk meningkatkan kinerja melalui rekrutmen CASN," ujar Herindra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×