kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,35   -6,99   -0.75%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pemerintah Targetkan 58 Proyek Strategis Nasional Senilai Rp 420 Triliun Kelar 2024


Minggu, 14 Mei 2023 / 11:53 WIB
Pemerintah Targetkan 58 Proyek Strategis Nasional Senilai Rp 420 Triliun Kelar 2024
ILUSTRASI. Kemenko Bidang Perekonomian mencatat, 156 proyek strategis nasional (PSN) telah rampung hingga awal Mei 2023.


Reporter: Vendy Yhulia Susanto | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kemenko Bidang Perekonomian mencatat, 156 proyek strategis nasional (PSN) telah rampung hingga awal Mei 2023.

Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang Kemenko Perekonomian selaku Ketua Tim Pelaksana KPPIP Wahyu Utomo mengatakan, terdapat 27 PSN yang diharapkan rampung hingga akhir 2023.

Kemudian, terdapat 31 PSN yang diharapkan rampung hingga tahun 2024. Apabila belum rampung, diharapkan setidaknya proses perizinan, pengadaan lahan, dan pembiayaan (financial closing) sudah selesai.

"Totalnya 58 proyek (PSN), nah ini semua kita harapkan selesai semua di tahun 2024. Total nilainya semua kira-kira Rp 420 triliun," ujar Wahyu di acara Funwalk Sewindu PSN, Minggu (14/5).

Baca Juga: Kemenko Perekonomian Luncurkan Program Sewindu PSN, Apa Itu?

Wahyu menyampaikan, KPPIP rencananya akan melakukan evaluasi pelaksanaan PSN dengan Presiden Jokowi pada bulan depan. Nantinya, dalam evaluasi akan disampaikan berbagai perkembangan terkait PSN.

Wahyu menilai, PSN dengan skema pendanaan swasta biasanya berjalan lancar. Sebab, sebelum ditetapkan menjadi PSN, pemerintah akan menanyakan kesanggupan dan komitmen swasta dalam membangun proyek yang diusulkan menjadi PSN.

"Kalau tidak bisa, mendingan enggak (masuk daftar PSN). Nanti kita update lagi setelah selesai evaluasi," ucap Wahyu.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian selaku Ketua Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) Airlangga Hartarto mengatakan, pembangunan berbagai proyek strategis nasional (PSN) telah berdampak bagi masyarakat. Misalnya pembangunan tol Trans Jawa yang telah memberikan kemudahan arus logistik dan MRT Jakarta yang melayani pengguna transportasi umum.

Airlangga menyebut, pemerintah mendorong PSN rampung pada tahun 2024 atau setidaknya telah menyelesaikan proses perizinan, pengadaan lahan, dan financial closing (pembiayaan). Sehingga PSN tersebut tetap berjalan dan tidak terpengaruh meski ada pergantian kepemimpinan pada tahun 2024.

"Jadi kalau financial closing nya dia sudah selesai, dia akan jalan terus," ujar Airlangga.

Baca Juga: Sebanyak 183 Proyek Strategis Nasional Ditargetkan Rampung pada Akhir 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×