kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45886,74   -14,08   -1.56%
  • EMAS1.338.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pemerintah Targetkan 14,3 Juta Kunjungan Wisatawan Mancanegara di 2024


Kamis, 01 Februari 2024 / 15:42 WIB
Pemerintah Targetkan 14,3 Juta Kunjungan Wisatawan Mancanegara di 2024
ILUSTRASI. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menargetkan ada sekitar 14,3 juta kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia tahun ini


Reporter: Dendi Siswanto | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID-JAKARTA. Pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menargetkan ada sekitar 14,3 juta kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia tahun ini.

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno optimistis Bali mampu menjaring dan menyumbangkan 7 juta wisman ke Indonesia pada 2024.

Pasalnya, berdasarkan kajian yang dilakukan Kemenparekraf, Bali sebagai destinasi favorit memiliki agregat untuk mempu menyumbang 50% dari target yang sudah ditetapkan.

"Secara agregat (kunjungan wisatawan) di Bali ini menyumbang 50% (dari target kunjungan wisman secara nasional," ujar Sandiaga dalam keterangan resminya, Kamis (1/2).

Baca Juga: Jumlah Kunjungan Pelancong Asing Sepanjang 2023 Hampir Dua Kali Lipat dari Tahun 2022

Oleh karena itu, untuk mengakselerasi pencapaian tersebut, Sandiaga akan mengupayakan untuk memperbanyak aksebilitas ke Bali. Diantaranya dengan memperbanyak penerbangan internasional ke Bali dan menghadirkan paket-paket wisata yang unik dan menarik tanpa mengakibatkan overtourism. Sehingga pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan bisa tetap terjaga di Bali.

"Perlu penambahan jumlah penerbangan dan penambahan paket-paket perjalanan yang lebih mendistribusikan wisatawan yang lebih berkualitas dan lebih lama tinggal di sini sehingga dampak ekonominya lebih dirasakan masyarakat setempat tanpa terlalu membebani dan mengakibatkan overtourism," katanya.

Menurutnya, upaya-upaya tersebut diharapkan mampu mengakselerasi pencapaian target jumlah kunjungan wisatawan mancanegara pada 2024. Sehingga penciptaan 4,4 juta lapangan kerja di sektor parekraf di tahun 2024 dapat tercapai.

"Harapannya, kebangkitan pariwisata di Bali ini bisa semakin kuat di 2024 dan bisa mencapai target penciptaan 4,4 juta lapangan kerja baru," imbuh Sandiaga. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×