CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.020,29   12,09   1.20%
  • EMAS985.000 1,23%
  • RD.SAHAM -1.86%
  • RD.CAMPURAN -0.70%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pemerintah Siapkan BBM Baru dengan Oktan Tinggi, Bensa dari Kelapa Sawit


Rabu, 26 Januari 2022 / 15:00 WIB
Pemerintah Siapkan BBM Baru dengan Oktan Tinggi, Bensa dari Kelapa Sawit
ILUSTRASI. Pemerintah Siapkan BBM Baru dengan Oktan Tinggi, Bensa dari Kelapa Sawit


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Selain biosolar, pemerintah juga menyiapkan bahan bakar minyak (BBM) jenis baru dari kelapa sawit. BBM baru dari kelapa sawit tersebut adalah jenis bensin bernama Bensa.

Bensa bakal memiliki kualitas oktan yang lebih bagus dibandingkan bensin yang ada saat ini seperti Pertalite, Premium, Pertamax maupun Pertamax Turbo. Kandungan oktan Bensa lebih tinggi dibandingkan Pertamax Turbo yang mencapai 95.

Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bekerja sama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB), melakukan uji coba pembuatan bensin dengan minyak sawit industri atau Bensa skala demo plant untuk kendaraan bermotor.

Menteri ESDM Arifin Tasrif, mengatakan, Bensa diarahkan untuk tidak hanya sekadar uji coba semata, tapi juga bisa diproduksi massal. “Saat ini bensa masih tahap pilot project, masih butuh perjuangan yang panjang untuk menuju tahap komersial,” ujar Arifin, disitat dari Antara (25/1/2022).

“Tetapi dari skala laboratorium, dari pilot plant, tentunya kita sudah bisa mengambil parameter-parameter penting menuju ke arah skala produksi yang komersial,” kata dia.

Baca Juga: Akhir Tahun 2021, Bauran Energi Baru Terbarukan (EBT) Mencapai 11,5%

Rencananya, pemerintah punya target untuk memproduksi Bensa sebesar 238,5 kiloliter per hari, yang akan dibangun di Kabupaten Musi Banyuasin (Sumatera Selatan) dan Kabupaten Pelalawan (Riau). “Dari skala pilot plant yang ada sekarang ini 1.000 liter umpan per hari, itu sudah bisa dihasilkan juga bahan bakar bensa yang pada saat katalisnya masih segar, bisa menghasilkan bahan bakar dengan Research Octane Number (RON) 115, bahan bakar yang berkualitas tinggi,” ucap Arifin.

Arifin juga mengatakan, Bensa merupakan salah satu jenis bahan bakar nabati yang perlu didorong pengembangannya oleh pemerintah. Hal ini dilakukan untuk mencapai kemandirian energi dengan mengurangi impor, baik bahan bakar minyak maupun elpiji yang terbukti membebani keuangan negara.

Apalagi pemerintah juga tengah mendorong agar masyarakat menggunakan energi yang bersih, yang bisa terbarukan. “Untuk itu langkah sudah tepat, tinggal bagaimana kita melaksanakannya agar proyek ini memiliki nilai komersial yang kompetitif,” ucap Arifin.

Semoga saja, penelitian tentang Bensa cepat membuahkan hasil dan bisa diproduksi dalam jumlah massal.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pemerintah Mulai Uji Coba Bensa, BBM dari Minyak Sawit",


Penulis : Dio Dananjaya
Editor : Agung Kurniawan

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

Tag


TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Planner Development Program Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×