kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pemerintah menyiapkan road map program vaksinasi massal Covid-19


Jumat, 16 Oktober 2020 / 10:05 WIB
 Pemerintah menyiapkan road map program vaksinasi massal Covid-19
ILUSTRASI. Vaksin corona. REUTERS/Dado Ruvic/Illustration


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyampaikan, pemerintah tengah menyiapkan road map atau peta jalan dari program vaksinasi massal.

"Saat ini peta jalan sedang disiapkan oleh pemerintah dan terutama oleh Kementerian Kesehatan dukung oleh berbagai kementerian dan lembaga lainnya yang tergabung dalam komite," jelas Wiku dalam Konferensi Pers Virtual di BNPB pada Kamis (15/10).

Wiku menambahkan, diharapkan peta jalan tersebut dapat segera selesai hingga menjadi langkah konkrit dalam pelaksanaan vaksinasi massal mendatang.

Program vaksinasi nantinya akan dilakukan berdasarkan tingkat risiko yang ada pada masyarakat Indonesia.

Kemudian Wiku menjelaskan, seluruh rincian terkait alokasi prioritas vaksinasi juga sudah dalam tahap finalisasi. Pemerintah disampaikan Wiku akan tetap berpegang pada asas keadilan dalam pelaksanaan program vaksinasi massal nantinya.

Baca Juga: Sri Mulyani berharap pertumbuhan ekonomi Indonesia akan kembali pulih di tahun 2021

"Pada intinya perlu kami sampaikan bahwa seluruh alokasi prioritas ini akan mempertimbangkan kriteria dan prioritas penerima, serta wilayah yang tentunya mengacu pada Perpres No 99 tahun 2020. Pemerintah akan tetap melakukan alokasi dan mengutamakan asas keadilan," tutur Wiku.

Terkait kekhawatiran masyarakat akan keamanan vaksin, Wiku menjelaskan bahwa sebelum vaksin tersebut diproduksi massal yang diberikan kepada masyarakat, baik itu diproduksi di luar negeri maupun dalam negeri terdapat berbagai tahapan yang harus diikuti oleh setiap produsen vaksin.

Tahapan tersebut bertujuan untuk memastikan keamanan pada manusia termasuk menentukan rentang dosis yang aman untuk digunakan.

"Keamanan vaksin bagi masyarakat adalah prioritas dan tugas utama pemerintah," tegas Wiku.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×