kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45862,44   -0,26   -0.03%
  • EMAS918.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.15%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Pemerintah kembangkan 10 kota metropolitan, ini sektor yang disasar


Senin, 09 Maret 2020 / 15:24 WIB
Pemerintah kembangkan 10 kota metropolitan, ini sektor yang disasar
ILUSTRASI. Kawasan Tanjung Bunga yang dikembangkan PT Gowa Makassar Tourism Development Tbk (GMTD) di Kota Makassar Sulawesi Selatan Sulsel

Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah tengah bersiap mengembangkan 10 kota metropolitan. 10 kota metropolitan tersebut berada di Pulau Jawa yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, dan Surabaya. Sementara enam kota lainnya berada di luar Pulau Jawa yaitu Medan, Palembang, Banjarmasin, Denpasar, Manado, dan Makassar.

Direktur Perkotaan, Perumahan dan Permukiman Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Tri Dewi Virgiyanti mengatakan, pengembangan 10 kota metropolitan ini memiliki tujuan yang berbeda-beda.

Baca Juga: Menggarap Bisnis Modular Kekinian

Dia menjelaskan, pengembangan wilayah metropolitan di Pulau Jawa akan diarahkan terhadap peningkatan kualitas perkotaan karena menurunnya daya dukung lingkungan.

"Pembangunan wilayah metropolitan di luar Jawa didorong untuk memastikan celah pembangunan antara Jawa dan luar Jawa dapat diatasi, dan pembangunan dapat diperluas dari kawasan barat Indonesia ke kawasan timur Indonesia," ujar Virgi kepada Kontan, Senin (9/3).

Pengembangan kota-kota metropolitan ini pun tak terbatas pada satu sektor saja. Virgi menjelaskan, pihaknya akan mengarahkan pembangunan Medan, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar dan Makassar sebagai pusat kegiatan berskala global.

Baca Juga: Anggaran pengembangan KSPN Manado-Bitung-Likupang tahun 2020 sebesar Rp 520 miliar

Untuk wilayah lainnya, yakni Palembang, Banjarmasin dan Manado diarahkan sebagai pusat kegiatan nasional.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Mastering Virtual Selling: How to win sales remotely Optimasi alur Pembelian hingga pembayaran

[X]
×