kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Pemerintah godok posisi lembaga manajemen talenta, apa saja tugasnya?


Kamis, 01 Agustus 2019 / 15:34 WIB
Pemerintah godok posisi lembaga manajemen talenta, apa saja tugasnya?

Reporter: Abdul Basith | Editor: Yoyok

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah masih menggodok posisi Lembaga Manajemen Talenta yang menjadi visi Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Posisi tersebut berkaitan dengan nomenklatur lembaga. Hingga saat ini belum terdapat keputusan apakah nantinya lembaga itu akan menjadi badan tersendiri atau opsi lainnya.

"Apakah nanti jadi badan tersendiri atau ikut satu kementerian, apakah bersifat adhoc ini yang sedang kami pikirkan," ujar Kepala Staf Presiden Moeldoko, Kamis (1/8).

Baca Juga: Koopssus TNI, gabungan pasukan elite yang dihidupkan lagi

Meski begitu Moeldoko bilang lembaga tersebut akan memperkuat fungsi Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf). Lembaga manajemen talenta akan mengembangkan anak berbakat dari berbagai sektor seperti olah raga, kesenian, teknologi, dan lainnya.

Tidak hanya ditujukan bagi anak yang berada di Indonesia. Lembaga manajemen talenta juga akan mengumpulkan basis data anak berbakat yang merupakan diaspora.

"Harapan kami anak-anak itu nanti bisa dikelola dengan baik oleh negara," terangnya.

Baca Juga: Megawati bertemu Prabowo, tangis Baiq Nuril pun pecah

Pengelolaan yang baik akan berdampak pada pembentukan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. Hal itu akan menjadi pengungkit dalam pertumbuhan ekonomi.

Sebelumnya Jokowi mencetuskan ide lembaga manajemen talenta saat menyampaikan visi Indonesia. Pada pidato politiknya sebagai presiden terpilih 2019-2024 Jokowi menginginkan lembaga manajemen talenta mampu menciptakan SDM yang berdaya saing global.



Video Pilihan

TERBARU

×