kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pemerintah garansi 3 proyek PPP prioritas 2011


Selasa, 21 Desember 2010 / 19:28 WIB


Reporter: Hans Henricus |

JAKARTA. Investor tidak perlu khawatir saat menggarap tiga proyek public private partnership (PPP). Sebab, pemerintah mengeluarkan jaminan dalam pelaksanaan tiga proyek kemitraan pemerintah dan swasta itu.

Menteri Keuangan Agus Martowardojo menjelaskan ketiga proyek yang mendapat jaminan itu adalah pembangkit listrik 2x1000 megawatt di Pemalang, Jawa Tengah, penyediaan air bersih di Umubulan, Jawa Timur, serta jalur kereta api Manggarai-Bandara Soekarno Hatta. Menurut dia, siapapun yang menjadi pemenang tender ketiga proyek akan membuat sebuah project company.

Selanjutnya, project company itu akan memperoleh jaminan dari PT. Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII) atau PT PII dengan pemerintah. "Kita siap untuk mengeluarkan jaminan itu," ujar Agus usai rapat evaluasi PPP di Istana Wakil Presiden, Selasa (21/12).

Agus menjelaskan, penjaminan itu antara lain risiko terhadap perijinan kalau proyek dibatalkan, resiko kalau ada musibah bencana alam atau force majeur. Selain itu, juga ada jaminan misalnya PLN memenuhi kewajiban kepada project company itu. "Penjaminan yang akan diberikan cukup luas, tetapi dengan lingkup yang baik dan betul-betul disesuaikan dengan risikonya," kata mantan Direktur utama Bank Mandiri itu.

Dia menambahkan, saat ini surat jaminan yang sudah siap adalah untuk pembangkit listtik di Pemalang. Jaminan itu cukup luas meliputi jaminan perizinan, jaminan pelaksanaan konstruksi, operasional, jaminan pembebasan lahan.

Kemudian, jaminan pasokan bahan baku batu bara hingga jaminan pembelian listrik. "Penjaminan untuk proyek pembangkit ini lebih luas dibandingkan jaminan pada proyek pembangkit listrik 10.000 megawatt tahap I," kata Agus.

Agus menyebutkan, ada tujuh calon investor dari tiga negara yang berminat menggarap proyek itu. Rencananya, pada 13 Januari 2011 nanti dia akan menyampaikan surat jaminan kepada para investor.

Yang jelas, ketiga proyek itu merupakan prioritas untuk menjalani proses tender pada 2011 nanti. Cuma, masih ada dua proyek PPP yang tidak menjadi prioritas di tahun 2011 yaitu pelabuhan kapal pesiar di Tanah Ampo, Karang Asem, Bali dan jalan tol Medan menuju Bandara Kualanamu. "Saya belum bisa komentar soal itu," kata Agus.

Sekadar informasi saja, proyek pembangkit listrik di Pemalang memiliki nilai investasi sebesar US$3 miliar. Sedangkan, proyek penyediaan air bersih di Umbulan bernilai US$250 juta. Adapun nilai investasi jalur kereta api Bandara Soekarno Hatta menuju Manggari sekitar Rp10 triliun.

Menurut juru bicara Wakil Presiden Boediono, Yopie Hidayat untuk proyek rel kereta api akan dibuat jalur yang baru. Yopie mengungkapkan, rencananya sebelumnya akan melanjutkan pembangunan dengan menyambung rel yang lama. "Tapi desain baru akan dibangun rel kereta api yang betul-betul baru," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×