kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45686,19   14,05   2.09%
  • EMAS917.000 0,11%
  • RD.SAHAM 0.54%
  • RD.CAMPURAN 0.26%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.10%

Pemerintah bakal evakuasi 74 WNI dari kapal pesiar Diamond Princess


Kamis, 20 Februari 2020 / 12:53 WIB
Pemerintah bakal evakuasi 74 WNI dari kapal pesiar Diamond Princess
ILUSTRASI. Empat WNI yang positif menderita virus corona di Diamond Princess sudah dipindahkan ke rumahsakit

Sumber: Kompas.com | Editor: Anna Suci

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo mengatakan, pemerintah tengah menyiapkan rencana evakuasi 74 warga negara Indonesia (WNI) di kapal pesiar Diamond Princess yang berada di perairan Yokohama, Jepang. 

Untuk itu, pemerintah melalui Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) terus berkoordinasi dengan pemerintah Jepang terkait proses evakuasi tersebut. 

"Iya sekarang ini yang 74 itu masih di dalam kapal dan lagi kita masih terus membahasnya dengan otoritas di Jepang," ujar Jokowi, Kamis (20/2). 

Ia pun menginstruksikan Kemenlu terus memantau kondisi empat WNI yang terinfeksi virus corona dan 74 WNI yang tak terinfeksi di kapal itu.  

Baca Juga: Dua penumpang kapal pesiar Diamond Princess meninggal

"Ini yang terus dikomunikasikan oleh Kementerian Luar Negeri baik dengan perusahaan pemilik Kapal Diamond (Princess) maupun juga kepada pemerintah di Jepang," ujar Presiden. 

"Dan kita ingin memastikan bahwa mereka mendapat perlakuan sesuai dengan protokol kesehatan yang sudah di keluarkan oleh WHO," kata mantan Gubernur DKI Jakarta itu. 

Kemenlu mengungkapkan, WNI yang jadi kru kapal pesiar Diamond Princess, di perairan Yokohama, yang terinfeksi corona bertambah menjadi empat orang. Sebelumnya, ada tiga kru WNI yang positif terinfeksi virus corona di kapal tersebut. 

"Kami mendapat informasi, ada confirm empat warga negara Indonesia yang terinfeksi corona di Diamond Princess," kata Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kemenlu Judha Nugraha, Rabu (19/2). 

Keempat WNI yang terinfeksi corona itu tengah dirawat di dua rumah sakit yang berbeda. Rumah sakit tersebut terletak di Chiba dan Tokyo, Jepang. 

Baca Juga: Wabah makin meluas, Iran mengonfirmasi dua kasus pertama virus corona

Judha menuturkan, keempat WNI tersebut dalam kondisi stabil. "Mereka saat ini ada di dua rumah sakit dan tim KBRI Tokyo sudah mengirimkan tim untuk mengunjungi dua rumah sakit tersebut untuk melihat kondisinya dan informasi terakhir kondisi mereka stabil," ujar dia.  Total, ada 78 WNI yang menjadi kru kapal tersebut. (Rakhmat Nur Hakim)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pemerintah Siapkan Evakuasi 74 WNI di Kapal Diamond Princess".

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×