kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pembangunan MRT fase II Bundaran HI-Kampung Bandan segera dilakukan


Rabu, 20 Maret 2019 / 14:21 WIB
Pembangunan MRT fase II Bundaran HI-Kampung Bandan segera dilakukan


Reporter: Abdul Basith | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo akan meresmikan peletakan batu pertama (groundbreaking) Mass Rapid Transit (MRT) fase II. MRT fase II ini akan dibangun sepanjang Bundaran Hotel Indonesia (HI) menuju Kampung Bandan.  Groundbreaking tersebut akan dilakukan bersamaan dengan peresmian MRT fase I minggu ini.

Presiden Joko Widodo mengatakan pada hari Minggu (24/3) ia akan resmikan fase I sekaligus groundbreaking fase berikutnya. Menurut Presiden, fase II nantinya menyelesaikan jalur MRT selatan ke utara. Nantinya MRT juga akan membentang dari barat hingga timur DKI Jakarta.

Rencana tersebut diiyakan Gubermur DKI Jakarta Anies Baswedan. Menurut Anies nantinya akan ada stasiun yang menjadi ikon MRT Jakarta. "Sudah diputuskan jadi nanti akan ada stasiun di Monas," terang Anies, Selasa (19/3).

Pembangunan MRT fase II dinilai lebih rumit karena lokasi lahan pembangunan. Selain itu, MRT fase II berdekatan dengan lokasi Istana Negara yang mengharuskan pengamanan ketat.

Kaji pembangunan MRT di sejumlah kota

Perluasan MRT juga direncanakan di luar jalur yang telah ada. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menuturkan perluasan segmen diteliti PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero), PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero), dan Pemerintah DKI Jakarta.

Nantinya pengembangan moda transportasi juga akan dilakukan di sejumlah kota seperti Bandung, Medan, dan Surabaya. "Kota lain sekarang banyak yang menginginkan adanya moda transportasi nanti akan dilihat biaya dan manfaatnya," jelas Sri Mulyani.

Menurut Menkeu, pemerintah pusat akan diteliti volume trafik dan penumpang di sejumlah daerah yang menginginkan adanya moda transportasi seperti MRT. Selain itu perlu juga dilihat kemampuan keinginan dari masyarakat terhadap moda transportasi tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×