kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pembangunan IKN Dikebut, Ini Rencana Tiga Akses Menuju IKN Nusantara


Sabtu, 14 Januari 2023 / 07:37 WIB
Pembangunan IKN Dikebut, Ini Rencana Tiga Akses Menuju IKN Nusantara
ILUSTRASI. Pembangunan infrastruktur dasar di Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur terus bergulir. Salah satu yang dikebut adalah penyediaan akses transportasi menuju ibu kota baru Indonesia ini.


Sumber: Kompas.com | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - BALIKPAPAN. Pembangunan infrastruktur dasar di Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur terus bergulir. Salah satu yang dikebut adalah penyediaan akses transportasi menuju ibu kota baru Indonesia ini.

Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis Sumadilaga mengatakan, akan ada tiga jalur yang bisa digunakan menuju IKN.

Pertama, dari Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan langsung masuk ke Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) sepanjang 8,35 kilometer.

Kemudian, perjalanan dilakukan dengan memutar ke timur lewat jalan nasional sekitar 40 menit waktu tempuh dengan kondisi lalu lintas normal, sebelum akhirnya tiba di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP).

Kedua, melalui jalur laut atau Selat Balikpapan. Saat ini yang sudah tersedia adalah akses melalui Pelabuhan Semayang di Kota Balikpapan. Dari Pelabuhan Semayang kemudian melanjutkan perjalanan menggunakan speed boat menuju Dermaga Cita Sabut yang rencananya akan dikembangkan seiring pembangunan IKN.

Baca Juga: Progres Pembangunan Bendungan Penyuplai Air Baku ke IKN Capai 82%

Akses melalui laut ini memakan waktu sekitar 50 menit sebelum kemudian melanjutkan perjalanan lewat Jalan Hutan Produksi menuju pintu masuk KIPP.

Lewat perjalanan laut ini, penumpang kapal bisa melihat Jembatan Pulau Balang yang akan terhubung dengan jalur ketiga menuju IKN, yaitu Jalan Tol Akses IKN.

Adapun Tol Akses IKN saat ini masih digarap dengan target rampung pada 2024.

Tol Akses IKN yang langsung terhubung dengan Jembatan Pulau Balang adalah Segmen 5A Sp. Tempadung-Jembatan Pulau Balang. Progres segmen ini baru mencapai sekitar 6%. Ditargetkan pada Maret 2023 proyek Tol Akses IKN Segmen 5A bisa tembus 25%.

Sementara untuk Tol Akses IKN Segmen 3B KKT Kariangau-Sp. Tempadung proyeknya baru mencapai 3% dan Segmen 3A Karangjoang-KKT Kariangau sekitar 1,5%-2%. Rencananya, proyek ini akan lanjut ke Segmen 4A Sp. Tempadung-Outer Ring Road IKN dan terhubung dengan terowongan bawah laut pertama di Indonesia.

"Jadi nanti dari Bandara Sepinggan menuju KIPP sekitar 47 kilometer lewat tol ini yang akan ditempuh dalam waktu tidak lebih dari 30 menit," jelas Danis, Jumat (13/1/2023).

Baca Juga: Bumi Serpong Damai (BSDE) Incar Proyek Properti di IKN

Penulis : Aisyah Sekar Ayu Maharani
Editor : Hilda B Alexander

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Menuju IKN Bisa Lewat 3 Jalur Ini, Apa Saja?".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×