kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.440.000   -4.000   -0,28%
  • USD/IDR 15.339   1,00   0,01%
  • IDX 7.829   -2,64   -0,03%
  • KOMPAS100 1.196   2,88   0,24%
  • LQ45 970   3,33   0,34%
  • ISSI 228   0,02   0,01%
  • IDX30 495   1,66   0,34%
  • IDXHIDIV20 597   3,35   0,56%
  • IDX80 136   0,44   0,33%
  • IDXV30 140   0,56   0,40%
  • IDXQ30 166   1,10   0,67%

Paus Fransiskus Dijadwalkan Tiba di Bandara Soekarno - Hatta Pukul 11.30 WIB


Selasa, 03 September 2024 / 09:00 WIB
Paus Fransiskus Dijadwalkan Tiba di Bandara Soekarno - Hatta Pukul 11.30 WIB
ILUSTRASI. Pope Francis leads the Angelus prayer from his window at the Vatican, September 1, 2024. Vatican Media/Simone Risoluti/?Handout via REUTERS


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indonesia sudah siap menyambut kedatangan pemimpin tertinggi Gereja Katolik, Paus Fransiskus di Tanah Air. Paus Fransiskus diperkirakan tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada hari ini, Selasa (3/9/2024), pukul 11.30 WIB.

Diketahui, kedatangan Paus Fransiskus ke Indonesia dalam rangka perjalanan apostolik selama periode 3 hingga 6 September 2024.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, persiapan untuk menyambut kedatangan Paus Fransiskus ke Indonesia telah dilakukan secara matang.

“Ya, ini kehadiran Sri Paus ke Indonesia sudah kita siapkan, Insya Allah dengan matang, baik oleh pemerintah maupun oleh umat Katolik di bawah pimpinan kardinal dan juga umat-umat seluruh Indonesia menyambut secara sukacita,” ujar Muhadjir Effendy, Senin (2/9/2024).

Baca Juga: Paus Tiba Hari Ini, Umat Wajib Memiliki Gelang Tiket untuk Ikut Misa Bersama di GBK

Muhadjir pun berharap, seluruh umat beragama di Indonesia akan bersuka cita menyambut kedatangan tokoh panutan umat Katolik di dunia ini.

“Kehadirannya (Paus) sangat ditunggu-tunggu oleh seluruh umat dan sekaligus kita harus bisa menunjukkan semangat toleransi bahwa kita menjunjung keanekaragaman dan menempatkan nilai kemanusiaan di atas segala-galanya,” kata Muhadjir.

Membawa pesan

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas juga mengatakan, kehadiran Paus Fransiskus ke Indonesia harus disambut dengan bahagia dan patut disyukuri semua pihak. Sebab, tidak semua negara mendapatkan kesempatan dikunjungi.

Dia pun menyebut, kunjungan Paus Fransiskus harus dimaknai membawa pesan bagi Indonesia. Salah satunya merawat kebersamaan di keberagaman.

Baca Juga: Ini Link Live Streaming Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia

“Ini menunjukkan bahwa pesan, ada pesan yang ingin disampaikan. Bahwa Perbedaan itu biasa saja gitu. Jadi, tidak ada yang perlu dipersoalkan dengan perbedaan,” ujar Yaqut, Senin.

“Dan saya kira keberadaan Paus ini mencerminkan pesan kebersamaan di antara perbedaan,” katanya lagi.

Oleh karena itu, dia menyakni mengapa Indonesia dipilih menjadi salah satu negara dalam rangkaian perjalanan apostoliknya.

"Kenapa datangnya ke Indonesia yang sangat multi religi, agamanya banyak gitu. Saya kira ada pesan perdamaian yang akan disampaikan oleh Paus,” ujar Yaqut.

Dampak positif

Hal senada disampaikan Wakil Presiden (Wapres) ke-10 dan 12 RI, Jusuf Kalla. Menurut dia, kedatangan Paus Fransiskus akan berdampak positif terhadap bangsa Indonesia. Sebab, akan lebih mempererat hubungan antar agama dan perdamaian.

Baca Juga: Hari Ini, Paus Fransiskus Dijadwalkan Telah Tiba di Indonesia

"Paus itu selalu mendorong perdamaian," kata Jusuf Kalla dalam keterangan tertulisnya, Senin.

Dia pun menyebut bahwa kedatangan Paus Fransiskus merupakan sebuah kehormatan bagi Indonesia.

"Tentu kedatangan Paus Fransiskus itu suatu kehormatan bagi kita semua untuk menerima dengan baik,” ujarnya.

Selama di Indonesia Oleh karena itu, dia mengajak masyarakat Indonesia harus tetap toleran dan menghargai kedatangan Pemimpin Gereja Katolik Dunia itu. Meskipun, jumlah umat Katolik di Indonesia tidak terlalu besar.

"Dan Indonesia sebagai negara meskipun penduduk Katolik tidak terlalu besar tapi harus tetap toleran menyambut kedatangannya, siapa pun dia,” katanya.

Baca Juga: Selama Kunjungan di Indonesia, Paus Fransiskus Memilih Menginap di Kedubes Vatikan

Tak minta kemewahan

Menariknya, Paus Fransiskus tidak meminta sambutan yang mewah dari Indonesia. Uskup Agung Jakarta, Ignatius Kardinal Suharyo, mengonfirmasi bahwa Paus Fraksiskus memilih menggunakan mobil yang sehari-hari digunakan warga kebanyakan di Tanah Air.

"Benar beliau memilih mobil yang banyak digunakan oleh masyarakat, di sini Toyota Innova," kata Suharyo kepada Kompas.com, Senin. Paus Fraksiskus juga dikabarkan tidak akan menginap di hotel selamadi Jakarta.

"Beliau memilih tinggal di Kedubes Vatikan di Indonesia. Yang di hotel rombongannya," ujar Suharyo.

Baca Juga: Paus Fransiskus Memilih Menggunakan Innova Selama Kunjungan di Indonesia

Jadwal kegiatan

Dalam kunjungannya ke Indonesia yang dipusatkan di Jakarta, Paus Fransiskus akan bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan para pemimpin gereja Katolik di Tanah Air.

Paus juga dijadwalkan menghadiri Misa Kudus bersama umat Katolik dari berbagai daerah di Stadion Gelora Bung Karno dan Stadion Madya, Jakarta.

Berikut agenda lengkap perjalanan Paus Fransiskus di Indonesia:

Senin, 2 September 2024

Roma, Italia: Berangkat dengan pesawat dari Bandara Internasional Roma/Fiumicino ke Jakarta

Selasa, 3 September 2024

Tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Jakarta

Baca Juga: Ikut Misa Bersama Paus Fransiskus di GBK, Ini yang Perlu Dipersiapkan

Rabu, 4 September 2024

Kunjungan Kehormatan kepada Presiden Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta Pertemuan dengan kalangan pemerintahan, masyarakat sipil, dan korps diplomatik (Pidato Bapa Suci) di Aula Istana Negara, Jakarta Pertemuan pribadi dengan anggota Serikat Jesus (SJ) di Kedutaan Besar Vatikan, Jakarta Pertemuan dengan para uskup, imam, diakon, pelaku hidup bakti, seminaris, dan katekis (Pidato Bapa Suci) di Gereja Katedral Santa Maria Diangkat ke Surga, Jakarta Pertemuan dengan Scolas Occurentes di Grha Pemuda, Jakarta

Kamis, 5 September 2024

Pertemuan antaragama (Pidato Bapa Suci) di Masjid Istiqlal, Jakarta Pertemuan dengan Penerima Manfaat Organisasi Amal di Kantor KWI, Jakarta Perayaan Ekaristi (Homili Bapa Suci) di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta

Baca Juga: Sambut Paus Fransiskus Hari Ini (3/9/2024), Bandara Soetta Siapkan Layanan VIP

Jumat, 6 September 2024

Keberangkatan Perjalanan Jakarta–Port Moresby dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Jakarta Adapun Paus Fransiskus adalah Paus ketiga yang berkunjung ke Indonesia.

Pertama adalah Paus Santo Paulus VI yang berkunjung pada 3-4 Desember 1970. Sembilan belas tahun kemudian, Paus Santo Yohanes Paulus II berkunjung ke Indonesia pada 9-14 Oktober 1989.

Dengan kata lain, ini menjadi perjalanan apostolik Paus Fransiskus kembali Indonesia setelah 35 tahun yang lalu.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Selamat Datang Paus Fransiskus di Indonesia, Membawa Pesan Perdamaian", Klik untuk baca: https://nasional.kompas.com/read/2024/09/03/07170721/selamat-datang-paus-fransiskus-di-indonesia-membawa-pesan-perdamaian?page=all#page2.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×