kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pastikan mutu vaksin, BPOM lakukan inspeksi ke fasilitas produksi vaksin di China


Kamis, 15 Oktober 2020 / 16:34 WIB
Pastikan mutu vaksin, BPOM lakukan inspeksi ke fasilitas produksi vaksin di China
ILUSTRASI. A woman holds a small bottle labeled with a 'Vaccine COVID-19' sticker and a medical syringe in this illustration taken April 10, 2020.


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bertugas di bidang pengawasan obat dan makanan mulai dari produksi kemudian pendistribusian serta peredaran produk mulai dari obat dan makanan di masyarakat, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) hari ini Kamis (15/10) mengirimkan tim inspektur untuk melakukan inspeksi Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) ke fasilitas produksi vaksin Covid-19 di China.

Direktur Registrasi Obat BPOM, Lucia Rizka Andalusia mengatakan, inspeksi dilakukan guna memastikan mutu vaksin mulai pengamatan terhadap kepatuhan industri dan produksi vaksin sesuai dengan persyaratan CPOB.

Inspeksi tersebut merupakan bentuk upaya BPOM dalam pengawalan terhadap khasiat, keamanan dan mutu vaksin Covid-19, yang nantinya akan digunakan di Indonesia.

"Tim Inspektur Badan POM akan melakukan inspeksi ketiga sarana produksi yang ada di Tiongkok yaitu Sinovac, SinoPharm, dan Cansino," jelas Lucia saat Konferensi Pers Virtual Pengawalan BPOM Dalam Penyediaan Vaksin Covid-19 pada Kamis (15/10).

Baca Juga: Salip Filipina, Indonesia jadi negara dengan kasus corona tertinggi di Asia Tenggara

Lucia menjelaskan serangkaian kegiatan inspeksi tersebut ditujukan untuk mempercepat akses vaksin yang aman berkhasiat dan bermutu di Indonesia.

Adapun dalam kesempatan ini tim BPOM melakukan inspeksi ke tiga sarana produksi vaksin Covid-19 di China, bersama tim dari Kementerian Kesehatan, LPPOM MUI dan PT Biofarma sebagai produsen yang akan mengimpor vaksin tersebut.

Kemudian untuk menyiapkan fasilitas produksi vaksin di Indonesia BPOM juga mengadakan rapat koordinasi persiapan industri farmasi di Indonesia.

"Untuk menyiapkan fasilitas produksi vaksin di Indonesia BPOM mengadakan rapat koordinasi persiapan industri farmasi Indonesia terkait ketersediaan vaksin Covid-19 dan komitmen terhadap pemenuhan aspek khasiat, keamanan dan mutu vaksin," ujar Lucia.

Selanjutnya: Peringatan WHO: Kasus kematian akibat TBC bisa naik drastis di tahun mendatang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×