kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pagi Ini, Roket Space X Siap Luncurkan SATRIA-1


Senin, 19 Juni 2023 / 04:50 WIB
Pagi Ini, Roket Space X Siap Luncurkan SATRIA-1


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

PELUNCURAN SATRIA 1 - Satelit Republik Indonesia-1 (SATRIA-1) siap diluncurkan sesuai jadwal. Roket buatan Space X, perusahaan milik Elon Musk, itu akan diluncurkan pada Minggu 18 Juni 2023 pukul 18.04 waktu setempat atau Senin, 19 Juni 2023 pukul 05.04 WIB di Cape Canaferal, Florida, Amerika Serikat (AS).

"Sampai saat ini masih on schedule atau belum ada indikasi untuk bergeser. Kita berharap dalam detik demi detik ke depan semua hal, terutama cuaca, tetap kondusif agar peluncuran dapat dilakukan sesuai jadwal," kata Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Badan Aksesibiiltas Telekomunikasi dan Informasi (Plt Dirut BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Arief Tri Hardiyanto, dalam keterangannya terkait Persiapan Peluncuran SATRIA-1 di Florida, AS, pada Minggu (18/6/2023).

Mengutip Infopublik.id, Arief menjelaskan, SATRIA-1 akan diluncurkan ke orbit dengan roket Falcon 9 milik Space Exploration Technologies Corporation, atau dikenal dengan SpaceX yang merupakan fasilitas militer pemerintah AS tersebut.

Untuk itu, dia meminta doa dan dukungan dari seluruh masyarakat Indonesia agar proses peluncuran satelit ini berjalan lancar tanpa gangguan maupun hambatan.

"Hari ini kita mohon doa dari seluruh masyarakat Indonesia agar Tuhan Yang Mahakuasa meridhoi perjuangan kita untuk menyejahterakan bangsa melalui jalan transformasi digital ini," kata Plt Dirut BAKTI Kominfo.

Baca Juga: Satelit Satria-1 Beroperasi Mulai Awal Tahun 2024

Deputi Koordinator Proyek PT Satelit Nusantara Tiga, Heru Dwikartono, menambahkan hingga saat ini persiapan peluncuran berjalan lancar dan sesuai rencana.

Saat ini satelit dan roket sudah terintegrasi di posisi horizontal dan peluncurannya akan mulai dengan -12 sequence setelah berada di landasan luncur (launch pad).

"Sampai hari ini semua tahapan pekerjaan berlangsung normal dan nominal. Per tadi malam, satelit dan roket sudah terintegrasi, meski masih dalam posisi horizontal. Malam ini akan keluar dari hangar dan proses koneksi mekanikal di launchpad," jelas Heru.

Dia mengharapkan agar cuaca saat peluncuran akan dalam kondisi baik. Sehingga seluruh tahapan akan berjalan sesuai rencana dan sukses.

Baca Juga: Persiapan Capai 95%, Pemerintah Optimistis Peluncuran Satelit Satria-1 Sesuai Jadwal

"Prediksi SpaceX sampai tadi pagi masih dalam kondisi yang direncanakan dan bisa diluncurkan pada 18 Juni 2023 pukul 18:02 waktu Florida," tutur Heru.

Kementerian Kominfo Kominfo dan PT SNT telah menetapkan SpaceX sebagai mitra untuk menyediakan layanan peluncuran bagi SATRIA-1 di fasilitas mereka di Florida.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×