kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45891,58   -16,96   -1.87%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

One Way di Km 72 Tol Cipali Hingga Km 414 Tol Kalikangkung Diperpanjang Lagi


Selasa, 09 April 2024 / 06:45 WIB
One Way di Km 72 Tol Cipali Hingga Km 414 Tol Kalikangkung Diperpanjang Lagi
ILUSTRASI. Kendaraan melintas dari arah Jakarta menuju Jawa tengah saat pemberlakuan sistem satu arah atau one way di jalan Tol Cipali, Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (6/4/2024). Sejak diterapkan sistem satu arah di Tol TransJawa dari KM72 Cipali hingga KM414 Kalikangkung, arus mudik di Tol Cipali terpatau ramai lancar. ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/Spt.


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Polisi kembali memperpanjang skema rekayasa lalu lintas (lalin) berupa one way atau satu arah dari Km 72 Tol Cipali sampai ke Km 414 Tol Kalikangkung hingga Selasa (9/4/2024) pukul 12.00 WIB.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Aan Suhanan menyebut ada peningkatan volume kendaraan sehingga skema one way perlu ditetap digelar.

Baca Juga: Tips Anti Mabuk saat Mudik Lebaran 2024, Pemudik Bisa Contek Caranya

"Untuk kegiatan one way akan sementara kita akan lanjutkan sampai dengan pukul 12 siang hari Selasa besok," ucap Aan kepada wartawan, Senin (8/4/2024).

Begitu juga dengan skema rekayasa ganjil genap. Menurut Aan, skema ini tetap diberlakukan mengikuti penerapan skema one way.

Sedangkan skema contraflow atau lawan arus untuk sementara ditiadakan di ruas Km 0 hingga Km 72 Tol Cipali.

Hal ini, lanjut Aan, karena jumlah volume kendaraan yang melintas di area itu tidak terlalu padat.

Baca Juga: Polisi: Contraflow di Km 47 hingga Km 70 Tol Japek Situasional

"Untuk contraflow tidak kita lakukan karena peningkatannya itu tidak terlalu tajam, khususnya dari Japek dari titik 0 sampai di 72 itu tidak terlalu padat sehingga contraflow tidal kita berlakukan," ucap dia.

Arus di Tol Cipali Aan menjelaskan keputusan memperpanjang one way ini diambil usai Korlantas melihat data traffic counting atau penghitungan lalu lintas per Senin malam.

Berdasarkan data traffic counting tersebut, ada tujuh titik di sekitar Tol Cipali yang jumlah kendaraannya meningkat setiap jam.

"Ada beberapa dari Km 70 Cipali itu mengalami tren kenaikan dari 2.333 menjadi 3.599 tiap jamnya mengalami kenaikan, kemudian di Km 71 itu mengalami kenaikan selama tiga jam berturut-turut dari hasil yang sudah kita nilai, kita hitung," ungkap Aan.

Meski skema one way diperpanjang, namun Korlantas akan terus melakukan pemantauan volume arus lalu lintas secara berkala.

Adapun penerapan one way dan contraflow bersifat situasional mengikuti arus volume kendaraan di lapangan.

Baca Juga: Menhub Budi Karya Merespon Kecelakaan di Tol Jakarta - Cikampek KM 58

Korlantas juga sudah memiliki sistem perhitungan batas minimal sebelum memberlakukan suatu skema rekayasa lalu lintas.

"Itu semua juga akan kita hitung lagi malam ini selama 3 jam berturut-turut, nanti apabila ada tren penurunan atau itu bisa kita langsung kita beritahukan lagi kepada masyarakat situasi yang ada," tambah dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Update Mudik: "One Way" di Km 72 Tol Cipali Hingga Km 414 Tol Kalikangkung Diperpanjang Lagi"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×