kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45987,90   -2,03   -0.21%
  • EMAS1.142.000 0,35%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

OIKN Gandeng Tonny Blair Institute Kembangkan Zona Riset dan Inovasi di IKN


Rabu, 18 Oktober 2023 / 17:53 WIB
OIKN Gandeng Tonny Blair Institute Kembangkan Zona Riset dan Inovasi di IKN
Penandatanganan nota kesepahaman antara Otorita Ibu Kota Nusantara OIKN bersama Tony Blair Institute (TBI) di kantor OIKN di Jakarta.


Reporter: Lailatul Anisah | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) menggandeng Tonny Blair Institute (TBI) dalam mengembangkan zona riset dan inovasi di IKN.

Hal ini ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) antara OIKN bersama TBI yang dilakukan di kantor OIKN di Jakarta, Rabu (18/10).

Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono mengatakan zona riset dan inovasi di Nusantara yang mempertemukan antara industri, pemerintah maupun akademisi.

"Saya membayangkan kawasan ini sebagai rumah bagi inkubator inovasi Nusantara, di mana para startup dapat berkembang dalam lingkungan yang memungkinkan mereka bereksperimen dengan ide-ide bisnis baru, menemukan mentor yang tepat, dan membangun jaringan," kata Bambang.

Baca Juga: Bertemu PM RRT, Jokowi Dorong Percepatan Realisasi Investasi China di IKN

Kolaborasi ini mencakup empat aspek utama serta peluang kerja sama strategis lainnya. Pertama, peningkatan sektor pendidikan melalui kolaborasi antar institusi perguruan tinggi.

Kedua, pengembangan sektor kesehatan terkait uji klinis, riset dan pengembangan.  Ketiga, pengembangan potensi investasi dengan menyusun rencana bisnis strategis, fasilitasi investasi asing, dan strategi komunikasi.

Keempat, pembangunan kota melalui studi banding ke kota-kota masa depan di dunia.

Namun begitu, OIKN masih belum menghitung berapa potensi nilai investasi dari hasil kerjasama ini.

Baca Juga: Progres Pembangunan Istana di IKN Capai 29%

Sementara, Executive Chairman The Tony Blair Institute (TBI) for Global Change, Tony Blair mengatakan yang akan dilakukan oleh TBI salah satunya mewujudkan pusat penelitian dan inovasi yang juga di inisiasi oleh PT Pertamina (Persero).

Blair mengakui IKN merupakan salah satu proyek ambisius yang dikerjakan oleh Indonesia. Namun, IKN juga menjadi salah satu proyek yang menarik untuk ditawarkan.

"Sejak awal proyek ini adalah proyek yang tidak sekadar menawarkan sesuatu ke Indonesia, tapi menawarkan sesuatu kepada dunia. Dan hal lain yang penting karena proyek ini untuk menjadikan kota modern yang benar-benar unik," kata Blair.

Selanjutnya: Promo Ataru Ada Cashback 35% Hingga Rp 100.000

Menarik Dibaca: Promo Ataru Ada Cashback 35% Hingga Rp 100.000

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Mastering Corporate Financial Planning & Analysis Mastering Data Analysis & Visualisation with Excel

[X]
×