kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.482.000   0   0,00%
  • USD/IDR 15.490   -65,00   -0,42%
  • IDX 7.496   -47,74   -0,63%
  • KOMPAS100 1.161   -10,37   -0,89%
  • LQ45 930   -7,66   -0,82%
  • ISSI 225   -1,75   -0,77%
  • IDX30 479   -4,07   -0,84%
  • IDXHIDIV20 576   -4,59   -0,79%
  • IDX80 132   -1,10   -0,82%
  • IDXV30 142   -0,97   -0,68%
  • IDXQ30 160   -1,14   -0,70%

Nusantara TNI Fun Run, Riuh Pelari, Bos BUMN hingga Pejabat TNI Memadati Ibukota Baru


Minggu, 06 Oktober 2024 / 20:34 WIB
Nusantara TNI Fun Run, Riuh Pelari, Bos BUMN hingga Pejabat TNI Memadati Ibukota Baru
Logo event lari Nusantara TNI Fun Run di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Minggu (6/10/2024).


Reporter: Titis Nurdiana | Editor: Titis Nurdiana

KONTAN.CO.ID -BALIKPAPAN. Sebanyak 3.100 lebih pelari memadati Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Minggu pagi (6/10). PT Bank Mandiri Tbk bekerjasama dengan Tentara Nasional Indonesia (TBI) menyelenggarakan  Nusantara TNI Fun Run, Minggu (6/10). 

Pantuan KONTAN,  sejak pukul 04.00 WITA, ribuan pelari memadati ajang lari untuk memperingati Hari Ulang Tahun ke 79 TNI.  Datang dari Balikpapan, Samarinda, hingga komunitas pelari mengambil bagian dari event itu. 

Semakin riuh, sejumlah menteri hadir dalam acara tersebut. Sebut saja Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Kemudian Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN Raja Juli Antoni, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, hingga Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Presiden Jokowi bersama Panglima TNI, Kapolri dan sejumlah menteri saat Nusantara TNI Fun Run di IKN,

Sejumlah direksi perusahaan negara juga hadir.  Sebagai penyelenggara, sejumlah jajaran direksi Bank Mandiri hadir mulai Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi, Rohan Hafas hingga Timothy Utama. Dari Bank Rakyat Indonesia, ada Dirut Sunarso hingga Direktur Kepatuhan BRI A Solichin Lutfiyanto. Pun dari BNI hingga BTN, para nakhoda bank tersebut juga hadir.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi membuka event tersebut. “Pagi hari ini, saya nyatakan Nusantara TNI Fun Run dimulai,” sebut Jokowi sambil mengibarkan bendera menandakan agenda dimulai.

Pasca acara, Presiden menekankan pentingnya membangun keramaian dan ekosistem sosial di IKN. “Crowding (Keramaian)  harus diciptakan terus di IKN, harus diadakan terus agar ekosistem terbangun," ujar Jokowi.

Dari waralaba kopi modern sampai UMKM

Jokowi menyebut, beberapa minggu sebelumnya, belum ada cafe yang masuk IKN. Kini pengunjung sudah bisa mengunjunginya. Salah satu yang nampak adalah Excelso, kedai kopi modern waralaba dari Indonesia. 

Catatan Kontan,  Excelso berdiri tahun 1991, lewat PT Excelso Multirasa. Adalah Soedomo Mergonoto yang juga pendiri brand kopi Kapal Api. Excelso dimiliki dan dikendalikan oleh Excelso Multirasa yang merupakan anak perusahaan dari PT Kapal Api Global.

Gerai UMKM saat Nusantara TNI Fun Run di IKN

Adapun Dirut Bank Mandiri yang karib disebut DJ menyebut, selain  melibatkan komunitas pelari lokal, dalam event Nusantara TNI Fun Run juga menggandeng pengusa UMKM. Puluhan tenda berjajar, ikut memadati Nusantara. 

"Seiring telah dibukanya akses masyarakat ke kawasan IKN, inisiatif (menciptakan keramaian) sangat strategis karena menjadi ajang untuk menyosialisasikan kesiapan IKN sebagai pusat pemerintahan kepada berbagai pemangku kepentingan, termasuk pebisnis UMKM," sebut DJ.

Kegiatan makin meriah dengan hiburan berupa penampilan musik dari Nella Kharisma dan Black Forest Band di kawasan Amfiteater.


 

Selanjutnya: Yamaha Fazzio Day, Ajak Anak Muda Skena Rasakan Lifestyle Experience Fazzio Hybrid

Menarik Dibaca: Peringatan Dini Cuaca Besok (7/10) Hujan Deras, Provinsi Ini Waspada Bencana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Eksekusi Jaminan Fidusia Pasca Putusan MK Supply Chain Management on Procurement Economies of Scale (SCMPES)

[X]
×