kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Netizen mendukung Jokowi-JK di debat capres


Selasa, 10 Juni 2014 / 12:03 WIB
Netizen mendukung Jokowi-JK di debat capres
ILUSTRASI. Daftar Kode Redeem FF dan Free Fire MAX 2023 Berbagai Server dan Cara Klaimnya


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

JAKARTA. Debat calon presiden (capres)-calon wakil presiden (cawapres), Senin (9/6) berlangsung seru. Tak hanya di atas panggung antara dua pasangan kandidat Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dengan Joko Widodo-Jusuf Kalla yang saling umbar janji.

Suasana kian hangat saat para pendukung capres menyuarakan yel-yel. Suasana debat capres pun terjadi juga media sosial antara dua kubu pendukung Capres dan Cawapres yang saling menyuarakan dukungannya. "Dari satu jam sebelum debat mulai sudah bermunculan hashtag-hashtag dukungan," kata CEO& Founder PoliticaWave.com Jose Rizal, Selasa (10/9).

Dari tim Prabowo-Hatta ada beberapa hashtag seperti #PilihankuSatu, #Cinta1ndonesia dan #BukanDebatCapres , dari tim Jokowi-JK ada beberapa hashtag seperti #PresidenNomor2, #JokowiJKAdalahKita dan #JokowiJK.

Dari hasil monitoring PoliticaWave selama debat, periode jam 20.00 – 22.00, hashtag percakapan terbesar mengenai dukungan terhadap Jokowi-JK mengenai #PresidenNomor2 dengan jumlah 47.610 percakapan . Sementara percakapan terbesar mengenai dukungan terhadap pasangan Prabowo-Hatta mengenai #PilihankuSatu dengan jumlah 16.003. Bahkan #PresidenNomor2 menjadi Trending Topic WorldWide nomor 2, dibawah #DebatCapres.

Selain kedua hashtag diatas, ada beberapa hashtag lain terkait debat yang menjadi Trending Topic, yaitu #DebatCapres yang merupakan hashtag paling umum digunakan oleh netizen. Selain hashtag-hashtag tersebut terdapat beberapa materi debat yang juga menjadi Trending Topic, seperti : Lurah Susan, Pak JK, Pertanyaan JK, Bhinneka Tunggal Ika, JK Singgung HAM, Saya Mengerti Arah Bapak dan Masalah HAM. Malam ini Trending Topic WorldWide dikuasai oleh percakapan dari Indonesia.

Secara umum dari hasil monitoring PoliticaWave.com terhadap percakapan di Twitter, Facebook, Online Forum, Blog, Online News dan Youtube menunjukkan dukungan netizen yang lebih besar terhadap pasangan Jokowi-JK. Selama debat terjadi peningkatan sentimen positif pasangan Jokowi-JK, sebesar 4 kali dari percakapan positif Prabowo-Hatta.  Dari data-data statistik diatas dapat kita simpulkan bahwa penampilan Jokowi dalam acara debat ini menjawab tuntas keraguan netizen atas kemampuan komunikasinya dan meningkatkan apresiasi terhadap pasangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×