kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Nama Erick Thohir Mulai Muncul di Bursa Capres ataupun Cawapres di 2024


Selasa, 01 November 2022 / 22:07 WIB
Nama Erick Thohir Mulai Muncul di Bursa Capres ataupun Cawapres di 2024
Menteri BUMN Erick Thohir.


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Sejumlah partai mulai memberikan sinyal dukungan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (Cawapres) mereka menjelang pemilihan umum 2024 mendatang. 

Mengutip Kompas.com, Senin (31/10), salah satunya Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang mendukung Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir sebagai capres ataupun cawapres. Sinyal kuat juga diberikan oleh Partai Amanat Nasional (PAN) untuk Erick.

Terkait fenomena ini, Dekan Fisip Unhas Sukri mengatakan bahwa dukungan kepada Erick dari partai maupun organisasi masyarakat untuk maju di Pilpres 2024 karena melihat Erick punya kapasitas untuk itu.

Apalagi menurutnya, parpol pengusung capres maupun cawapres mendatang juga akan mendukung figur yang memiliki prestasi dan pengalaman yang bagus di birokrasi. 

Baca Juga: Erick Thohir Berharap, Ekosistem Digital Berpihak Pada Kreator dań Konten Lokal

Terlebih lagi lanjut Sukri, Kementrian yang dipimpin Erick merupakan lembaga yang sangat berisiko. Namun dapat dilalui dengan sangat baik oleh Menteri Erick.

"Menteri Erick memimpin Kementerian BUMN tanpa adanya masalah yang berarti juga termasuk prestasi yang turut dipertimbangkan oleh parpol maupun ormas untuk mencalonkan beliau untuk maju di 2024,"kata Sukri dalam keterangannya, Selasa (1/11). 

Selain itu, Erick dinilai Sukri juga memiliki prestasi dalam bidang ekonomi. Khsususnya dalam memperbaiki kinerja keuangan perusahaan BUMN. Bahkan beberapa BUMN dapat ditingkatkan pendapatannya ketika Menteri Erick memimpin Kementrian BUMN. 

Erick juga dinilai memiliki prestasi dalam merestrukturisasi BUMN yang sejatinya sudah diambang kehancuran. Di saat kepemimpinannya di Kementrian BUMN beberapa BUMN yang 'sekarat' itu pun dapat diselamatkan. Contohnya Garuda Indonesia, Krakatau Steel.

Erick juga dinilai mampu menumbuhkan etos kerja baru di Kementrian dan perusahaan BUMN yang ada di bawahnya. Dengan etos kerja yang baru tersebut membuat BUMN menjadi transparan, akuntabel, adaptif dan lebih bersih karena menjalankan GCG yang baik.

Baca Juga: Garuda Travel Fair Resmi Digelar, Garuda Indonesia Siapkan 40.000 Kursi Penerbangan

Sukri menambahkan dengan posisi Erick yang saat ini profesional dan bukan kader partai manapun menjadikan ia diunggulkan oleh beberapa parpol untuk maju di Pilpres 2024 mendatang.

Erick Thohir mengklaim telah mendapat dukungan dari PPP untuk maju sebagai capres maupun cawapres. Ia menyatakan, rekan partai koalisi PPP di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yaitu PAN pun turut mendukungnya untuk maju. 

"Kemarin kan PAN juga memasukan saya salah satu, bukan satu-satunya. Itu kan bagian dari demokrasi," kata Erick saat ditemui di Kantor DPP PPP, Jakarta, Senin (31/10/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×