kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45889,80   -6,05   -0.68%
  • EMAS1.327.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mulai Uji Coba Publik, Tiket Uji Coba Kereta Cepat Laris Manis


Minggu, 17 September 2023 / 15:00 WIB
Mulai Uji Coba Publik, Tiket Uji Coba Kereta Cepat Laris Manis


Reporter: Ratih Waseso, Shobihatunnisa Akmalia | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) telah membuka website bagi masyarakat yang ingin mengikuti uji coba publik Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) secara  gratis. 

Eva Chairunisa Corporate Secretary PT KCIC mengatakan, antusiasme masyarakat sangat tinggi ingin ikut serta merasakan pengalaman menggunakan Kereta Api dengan kecepatan hingga 350 km/jam tersebut. 

"Saat ini tiket yang dipesan telah mencapai 98% untuk jadwal keberangkatan 18 sampai dengan 24 September 2023. Bagi masyarakat yang belum mendapatkan tiket, pendaftaran selanjutnya akan dibuka tanggal 24 September untuk jadwal perjalanan uji coba 25-30 September 2023," kata Eva dalam keterangan tertulis, Minggu (17/9).

Selama masa uji coba terbatas KA Cepat dengan penumpang berlangsung, setiap harinya KCIC menyediakan 4 jadwal perjalanan pulang pergi (PP). Maka total terdapat 8 perjalanan KA yang beroperasi setiap harinya.

Baca Juga: Baru Dibuka, Registrasi Kereta Cepat Jakarta Bandung Sudah Mencapai 98%

Dari empat jadwal tersebut dua di antaranya merupakan keberangkatan Stasiun Halim dan dua lainnya keberangkatan Stasiun Tegalluar

Adapun untuk kuota penumpang terbatas yakni 500 tempat duduk pada setiap perjalanan yang akan berlangsung selama masa ujicoba hingga 30 September 2023.

"Melalui tingginya antusias masyarakat, KCIC melihat bahwa kehadiran KA Cepat sudah sangat dinantikan, sehingga masyarakat berbondong-bondong ingin mencoba layanan ini. KCIC memohon maaf jika belum dapat mengakomodir antusiasme seluruh masyarakat yang ingin mengikuti kegiatan uji coba publik KA Cepat," kata Eva. 

Eva mengingatkan, bagi masyarakat yang sudah mendaftar, agar perhatikan kembali jadwal perjalanan yang sudah pilih. Calon penumpang juga diminta datang selambatnya 1 jam sebelum jadwal keberangkatan. Kemudian, calon penumpang juga harus mempersiapkan identitas dan bukti pemesanan untuk memperlancar proses verifikasi di stasiun. 

Diketahui, KCIC membuka pendaftaran uji coba operasional kereta api cepat tidak berbayar untuk masyarakat umum. Bagi masyarakat yang ingin mengikuti kegiatan uji coba KA Cepat ini, pendaftaran bisa dilakukan melalui situs ayonaik.kcic.co.id. 

Pendaftaran akan dibuka secara bertahap. Dimana pendaftaran tahap 1 dibuka mulai Minggu 17 September 2023 untuk jadwal keberangkatan tanggal 18-24 September 2023. Kemudian pendaftaran tahap 2 dibuka pada 24 September untuk keberangkatan tanggal 25-30 September 2023.

Bagi calon penumpang yang ingin menuju Stasiun KA Cepat Halim dapat melalui akses jalan DI Panjaitan yang telah dibuka untuk umum. Sementara Untuk masyarakat yang berada di area Bandung, KCIC bekerjasama dengan berbagai pihak.

Baca Juga: Sudah Dibuka, Ini Cara Daftar Uji Coba Kereta Cepat

Diantaranya, dengan Damri, KCIC menyediakan 8 armada shuttle yang bisa digunakan masyarakat untuk menuju Stasiun Tegalluar dengan titik keberangkatan Pool Damri Soekarno-Hatta. 

Selain Damri, kerjasama juga dilakukan dengan Summarecon yang menyediakan 4 unit medium bus hasil kerja sama dengan Blue Bird dengan titik keberangkatan Mall Summarecon. Kehadiran shuttle ini merupakan salah satu bagian dari integrasi antar moda yang juga akan diterapkan saat KA Cepat sudah beroperasi penuh.

Selain menggunakan shuttle, untuk kendaraan yang akan menuju Stasiun Tegalluar juga dapat melalui exit tol KM 149 arah Cileunyi yang beroperasi mulai pukul 07.00-17.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×