kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45974,33   -17,61   -1.78%
  • EMAS991.000 0,71%
  • RD.SAHAM -0.20%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.12%

Muhaimin Iskandar mengaku siap jadi calon presiden pada 2024


Senin, 18 Oktober 2021 / 10:31 WIB
Muhaimin Iskandar mengaku siap jadi calon presiden pada 2024
ILUSTRASI. Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar.


Sumber: Kompas.com | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar menyatakan siap maju sebagai calon presiden pada Pemilihan Presiden 2024 mendatang. 

Muhaimin mengatakan, Pilpres 2024 merupakan tantangan bagi dirinya untuk maju sebagai capres, tetapi ia tidak mau tergesa-gesa dalam mengambil langkah. 

"Ya saya rasa itu sebagai tantangan, saya siap. Tapi harus bersabar dulu karena Pilpres masih lama. Kita tunggu perkembangan nanti seperti apa terkait peta politiknya," kata Muhaimin di sela kegiatan silaturahmi dengan para tokoh ulama di wilayah Brebes-Tegal, Jawa Tengah, Minggu (17/10/2021), dikutip dari siaran pers. 

Muhaimin mengeklaim, selama ini kader PKB di seluruh daerah mengharapkan dan mendukung dirinya untuk maju sebagai capres pada 2024 mendatang. Untuk itu, PKB akan menggalang kekuatan dengan partai politik lain karena PKB tidak bisa mengusung capres sendiri pada Pilpres 2024. 

Baca Juga: Sah! Inilah Kebijakan Perpajakan Baru dalam RUU HPP

"Hingga saat ini, kepengurusan PKB di daerah-daerah masih solid. Dan jika nantinya maju maka untuk mencari figur capres, PKB akan berkoordinasi dengan parpol lainnya untuk berkoalisi," kata Muhaimin. 

Sementara itu, Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawai menyebutkan, PKB memiliki modal suara 9-10 persen untuk mengusung calon presiden sehingga hanya perlu berkoalisi dengan dua partai menengah bawah. 

"Tapi kalau dengan Gerindra cukup dua partai. Tapi yang perlu dibahas kan bukan sekadar mencukupi, elektoral, tetapi harus menang. Dan kalau menang harus bermanfaat untuk masyarakat,” kata Jazilul. 

Baca Juga: Survei elektabilitas versi IPO, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo teratas

Ia mengatakan, jika koalisi dengan partai politik lain telah terjalin, barulah PKB akan mendiskusikan siapa yang akan diusung menjadi capres atau cawapres serta program kerjanya. 

"Hari ini Pak Muhaimin maju capres harga mati. Semua kader PKB bergerak untuk itu. Nah bahwa nanti bagaimana ke depannya setelah berkoalisi, harus dibahas di situ," kata Jazilul. 

"Kita enggak ngotot kok. Kita bukan harga mati dalam konteks pokoke. Kita ingin presiden 2024 ke depan itu betul-betul yang diharapkan masyarakat," sambung Jazilul.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ketum PKB Muhaimin Iskandar Mengaku Siap jadi Capres 2024"
Penulis : Ardito Ramadhan
Editor : Diamanty Meiliana

Selanjutnya: Gejolak Pandemi Corona Melampaui Pilpres 2024

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×