kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mudik lebaran 2019, Kemhub: Angka kecelakaan turun hingga 62%


Jumat, 07 Juni 2019 / 16:25 WIB
Mudik lebaran 2019, Kemhub: Angka kecelakaan turun hingga 62%


Sumber: TribunNews.com | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencatat penurunan angka kecelakaan selama mudik Lebaran 2019. Berdasarkan data Korlantas, sejak H-7 hingga H+1 Lebaran terjadi penurunan kecelakaan sebanyak 62%.

Ketua Harian Posko Nasional Angkutan Lebaran Kemenhub, Eddy Gunawan mengatakan hal ini merupakan indikator keberhasilan pemerintah dan pihak terkait dalam mengantisipasi lalu lintas.

Satu di antaranya yakni mengupayakan rekayasa lalu lintas hingga melakukan pengecekan mesin-mesin kendaraan pengangkut penumpang.

"Kecelakaan sudah bisa kita tekan dengan upaya kita bersama dengan ramp check yang kita lakukan. Kalau dibandingkan, khusus H2 saja mengalami penurunan sekitar 56%," jelas Eddy di Gedung Kementerian Perhubungan, Jakarta, Jumat (7/6).

Masyarakat, kata Eddy juga berkontribusi terhadap penurunan angka kecelakaan pada musim mudik tahun ini. Sebab, sikap kehati-hatian pemudik terutama pengemudi sepeda motor dapat menghindari terjadinya kecelakaan lalu lintas.

"Saya kira ini kerjasama antara pemerintah dan masyarakat. Masyarakat juga sudah semakin aware terutama kita memang  ketat dalam pengendalian persiapan khusus untuk angkutan-angkutan penumpang," jelasnya.

Kebijakan one way dan contra flow juga dapat mengurangi pergerakan kendaraan di jalan arteri.

Pasalnya, kebijakan one way dapat membuat masyarakat mencoba jalan tol sehingga berpengaruh pada pergerakan pengendara sepeda motor di jalan arteri yang biasanya menyumbang kecelakaan terbanyak.

"Biasanya kan mix ya antara kendaraan-kendaraan pribadi yang di lintas arteri atau di luar jalan tol itu kan sepeda motor bergerak di sana. Dengan pengaturan one way masyarakat yang mungkin juga ingin mencoba jalan tol ternyata ada pengaruhnya terhadap pergerakan pengguna sepeda motor. Jadi sudah bisa terkurangilah kecelakaan," katanya. (Chaerul Umam)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul "Arus Mudik Lebaran 2019, Angka Kecelakaan Turun Hingga 62 Persen"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×