kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45894,40   -1,45   -0.16%
  • EMAS1.327.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mudik Akhir Tahun 2023, Jalan Tol Solo-Yogya Beroperasi, Cek Jadwalnya


Sabtu, 23 Desember 2023 / 11:44 WIB
Mudik Akhir Tahun 2023, Jalan Tol Solo-Yogya Beroperasi, Cek Jadwalnya
ILUSTRASI. Mudik Akhir Tahun 2023, Jalan Tol Solo-Yogya Beroperasi, Cek Jadwalnya


Reporter: kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Kabar gembira untuk warga yang akan mudik akhir tahun ke Klaten, Jawa Tengah dan Yogyakarta melalui jalan tol trans Jawa. Masyarakat dapat melintas Jalan Tol Solo-Jogja secara gratis.

Hal tersebut diumumkan oleh PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ), anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk, selaku pengelola Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo. Jalur fungsional tol Solo-Yogyakarta sepanjang 13 kilometer ini akan dioperasikan mulai Jumat (22/12/2023).

Untuk memperlancar mudik dan liburan ke Solo-Yogyakarta, JMK tidak mengenakan tarif bagi pengguna tol ini selama libur Natal dan tahun baru. "Kendaraan yang diperbolehkan melintas adalah kendaraan roda 4 golongan 1 nonbus dan nontruk," ujar Direktur Utama JMJ Suchandra P Hutabarat dalam keterangan resminya kepada Kompas.com, Jumat.

"Tidak diperuntukan untuk kendaraan berat. Adapun, untuk kecepatan maksimum pengguna jalan yang melewati jalur fungsional ini adalah 40 km/jam," tambahnya.

Tol Solo-Ygoya beroperasi dua periode

Suchandra menjelaskan, tol Solo-Yogyakarta dari Kartasura sampai Karanganom akan dioperasikan dalam dua periode. Menurutnya, masyarakat dapat melintas tol Solo-Yogyakarta saat arus mudik pada 22-31 Desember 2023 dan arus balik pada 1-3 Januari 2024.

Suchandra mengatakan, jalur fungsional Tol Solo-Yogyakarta mulai dibuka pada 06.00 WIB-17.00 WIB. Selain itu, jalur fungsional tol Solo-Yogyakarta ini hanya dioperasikan satu arah pada periode arus mudik dan satu arah pada arus balik. Akses masuk jalur fungsional Tol Solo-Jogja dari jalan Nasional akan melalui on/off Banyudono yang berjarak sekitar 700 meter dari gerbang tol (GT) Colomadu.

Pengaturan lalu lintas Tol Solo-Yogyakarta

Pengaturan lalu lintas akan diberlakukan di Tol Solo-Yogyakarta, baik ketika arus mudik maupun arus balik Natal dan tahun baru. Simak selengkapnya:

1. Pengaturan Tol Solo-Yogya pada arus mudik (22-31 Desember 2023)

Jalur fungsional Tol Solo-Yogyakarta beroperasi satu arah dari GT Colomadu (Tol Trans Jawa) menuju Boyolali dan/atau Kartasura, serta menuju Klaten dan/atau Yogyakarta. Pengguna jalan yang menuju Klaten dan/atau Yogyakarta dapat mengakses jalur fungsional melalui flyover Ngasem di STA 0+600 hingga GT Karanganom untuk melanjutkan perjalanan melalui Jalan Raya Solo-Yogyakarta.

Bagi pengguna Tol Solo-Yogyakarta dari GT Colomadu yang menuju Boyolali dan/atau Kartasura akan dialihkan melalui flyover Ngasem melalui GT Banyudono untuk melanjutkan perjalanan melalui Jalan Raya Solo-Semarang.

Pengguna Tol Solo-Yogyakarta dari Jalan Raya Solo-Semarang yang menuju Tol Trans Jawa juga dialihkan masuk melalui GT Banyudono untuk meneruskan perjalanan melalui GT Colomadu.

2. Pengaturan Tol Solo-Yogya pada arus balik 1-3 Januari 2024

Jalur fungsional Tol Solo-Yogyakarta beroperasi satu arah dari GT Karanganom menuju GT Banyudono (untuk tujuan Boyolali dan/atau Kartasura) dan GT Karanganom menuju GT Colomadu tujuan Tol Trans Jawa. Pengguna Tol Solo-Yogyakarta dari Jalan Raya Solo-Semarang yang menuju Jalan Tol Trans Jawa juga dialihkan masuk melalui GT Banyudono untuk meneruskan perjalanan melalui GT Colomadu.

Suchandra mengatakan, di luar tanggal dan jam pemberlakuan jalur fungsional yang telah ditentukan, arus lalu lintas menuju dan keluar GT Colomadu kembali normal menggunakan akses eksisting.

"Apabila pengguna jalan mengalami keadaan darurat, PT JMJ menyediakan MCS (Mobile Customer Service), ambulan, BBM mobile, toilet portable serta layanan derek gratis hingga exit tol terdekat," ujar Suchandra.

"Selain itu PT JMJ juga telah menyiapkan rambu-rambu petunjuk dan peringatan seperti batas kecepatan, rambu penunjuk arah, dan traffic light atau Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APPIL) yang berada di jalan nasional di depan akses Banyudono dan di jalan nasional di depan akses Karanganom," pungkasnya.

Itulah informasi operasional jalan tol Solo-Yogyakarta selama libur akhr tahun 2023. Hati-hati berkendera, semoga selamat sampai tujuan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Dibuka Gratis, Ini Pengaturan Lalu Lintas Tol Solo-Yogyakarta Selama Libur Nataru",

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×