kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.015,18   6,97   0.69%
  • EMAS984.000 -0,10%
  • RD.SAHAM -1.86%
  • RD.CAMPURAN -0.70%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

MotoGP Mandalika Telan Rp 2,5 Triliun, Sri Mulyani Beberkan Dampaknya


Minggu, 20 Maret 2022 / 20:49 WIB
MotoGP Mandalika Telan Rp 2,5 Triliun, Sri Mulyani Beberkan Dampaknya
ILUSTRASI. MotoGP - Indonesian Grand Prix - Mandalika International Street Circuit, Kuta, Lombok, Indonesia - March 20, 2022 Monster Energy Yamaha MotoGP's Fabio Quartararo leads at the start of the race - REUTERS/Willy Kurniawan


Reporter: Akmalal Hamdhi | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah membeberkan terkait besaran suntikan dana dan fasilitas bea dukungan terhadap penyelenggaraan MotoGP di Pertamina Mandalika International Street Circuit.

Untuk diketahui, dana sekitar Rp 2,5 triliun telah dihabiskan guna menyukseskan perhelatan akbar tersebut. Kabar itu disiarkan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati melalui akun instagram pribadinya.

“Uang kita turut berkontribusi dalam mendukung perhelatan akbar ini antara lain melalui Penyertaan Modal Negara (PMN) dan Dukungan kepada K/L terkait insentif PPN dan insentif bea masuk dan pajak impor,” kata Sri Mulyani melalui unggahannya di akun Instagram, Sabtu (19/3).

Sri Mulyani menambahkan, seluruh dukungan  berupa pendanaan tersebut diberikan demi kelancaran acara yang sudah dinanti-nantikan ini. Menurutnya, para penggemar moto GP pasti sangat menantikan ajang tersebut.

Baca Juga: Apresiasi Gelaran MotoGP, Jokowi: Ini Event Jangka Panjang, Tahun Depan Kita Perbaiki

Adapun, rincian dana sebesar Rp 2,5 triliun tersebut dialokasikan pemerintah kepada PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) senilai Rp 1,3 triliun.

Lebih lanjut, dana APBN juga mengalir melalui anggaran Kementerian dan Lembaga (K/L) yang terlibat langsung dalam perhelatan Moto GP sebesar Rp 1,18 triliun. Lalu, Insentif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) Atas Jasa Kena Pajak Rp 240,73 miliar dan Insentif Bea Masuk dan Pajak Impor Rp 10,41 miliar.

Menurut Sri Mulyani, dengan terselenggaranya acara MotoGP Mandalika turut mengangkat kegiatan perekonomian penduduk sekitar. Hal tersebut dibuktikan dengan kemeriahan yang ditunjukkan oleh para pembalap dengan ikut menggunakan atribut khas Indonesia seperti Topi Caping.

“Mereka juga membagikan momen-momen menyenangkan bersama para pelaku UMKM Lombok selama persiapan acara. Semoga euforia tersebut dapat berdampak positif untuk masyarakat Lombok dan dunia semakin mengenal Indonesia,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

Tag


TERBARU

[X]
×