kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Morotai akan menjadi kawasan ekonomi khusus


Sabtu, 15 September 2012 / 14:59 WIB
Morotai akan menjadi kawasan ekonomi khusus
ILUSTRASI. Rekomendasi teknikal untuk hari ini (28/7)


Reporter: Asnil Bambani Amri | Editor: Asnil Amri

JAKARTA. Pemerintah berencana untuk menetapkan Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

“Harapannya, 15 tahun mendatang, Morotai bisa tumbuh sebagai episentrum baru perekonomian dunia,” kata Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat membuka puncak acara Sail Morotai 2012 di Desa Juanga, Kabupaten Morotai, Provinsi Maluku Utara, Sabtu (15/9).

Pernyataan Presiden SBY yang tertuang dalam siaran pers dari Kementerian Kelautan dan Perikanan itu menyebutkan, letak Pulau Morotai sangat strategis , sehingga bsia dimanfaatkan menjadi poros peta perdagangan di kawasan Asia Pasifik.

“Dilihat sisi geografis, letak Morotai berada di antara pertemuan kawasan ekonomi timur dan Pasific. Sehingga, Morotai unggul dalam hal geopolitik dan potensi ekonomi yang harus bisa dimanfaatkan untuk kemakmuran rakyat,” sambung Presiden.

Di samping itu, SBY menekankan pentingnya keterpaduan konektivitas antar pulau di kawasan timur Indonesia. “ Hal ini penting untuk mendukung Morotai sebagai episentrum baru di kawasan regional pasifik,” paparnya.

Morotai sebagai titik awal untuk mengembalikan kejayaan maritim. Apalagi, Indonesia dipercaya menjadi pimpinan Forum Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) pada tahun 2013. “Kini, Indonesia memainkan peran penting dan strategis di kawasan Pasifik pasca resesi ekonomi yang melanda dunia,” jelasnya

SBY menambahkan, percepatan pengembangan pulau-pulau kecil terluar khususnya Morotai, akan bertumpu pada sektor kelautan dan perikanan, pertanian, jasa transportasi serta pertambangan.

Penyelenggaraan Sail Morotai ini merupakan momentum untuk mempromosikan kekayaan alam dan keindahan alam, khususnya potensi laut yang di Morotai. “Morotai memiliki kekayaan sumber daya alam, wisata alam dan panorama alam bawah laut yang begitu kaya,” jelas SBY.

Sementara itu, Menteri Kelautan dan Perikanan, Sharif C.Sutardjo sehari sebelumnya menjelaskan bahwa, Pulau Morotai memiliki potensi ekonomi yang begitu besar sehingga dapat memacu pertumbuhan ekonomi kawasan.

“ Di Morotai ini, kita dapat mengembangkan sektor kelautan dan perikanan, khususnya industrialisasi kelautan dan perikanan berbasis pada perikanan tangkap,” jelas Sharif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×