kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45913,72   -9,77   -1.06%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Monash University bakal jadi universitas asing pertama di Indonesia


Rabu, 02 Desember 2020 / 08:01 WIB
Monash University bakal jadi universitas asing pertama di Indonesia
ILUSTRASI. BSD Green Office Park: Ekspansi Monash University ke Indonesia berlokasi di BSD City


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. BSD City terpilih menjadi tuan rumah bagi perguruan tinggi luar negeri pertama di Indonesia, Monash University.

Monash University melalui Yayasan Monash University Indonesia akan membuka pusat pembelajaran di gedung GOP 9 kawasan BSD Green Office Park, BSD City, Tangerang Selatan. 

Group CEO Sinar Mas Land Michael Widjaja mengatakan, pihaknya merasa terhormat karena BSD City didapuk menjadi destinasi perguruan tinggi peringkat ke-55 dunia itu.

"Kini, kami menyambut Monash University yang akan melengkapi ekosistem pendidikan di BSD City sebagai perguruan tinggi luar negeri pertama di Indonesia," tutur Michael dalam siaran pers, Selasa (1/12).

Michael mengungkapkan, ekspansi Monash University dinilai sebagai peristiwa bersejarah terpenting yang ditorehkan pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

Sinarmas Land pun turut mendukung Monash University dalam memperluas jaringannya pada skala global. Sehingga, kehadiran perguruan tinggi luar negeri ini akan menjadikan mahasiswa Indonesia dapat menerima pendidikan kelas dunia. 

Baca Juga: Tahun depan, Monash University bakal bangun kampus asing pertama di Indonesia

Sementara itu, Wakil Rektor Senior Bidang Kemitraan Asia Tenggara Monash University Andrew Macintrye mengatakan, Monash University memilih BSD City karena lokasinya terintegrasi dengan kawasan industri.

"Berada dekat dengan sejumlah perusahaan inovatif dan perguruan tinggi Indonesia lainnya, memiliki  lingkungan berkesinambungan, serta memberikan kehidupan baik antara kerja, rekreasi, dan gaya hidup,” ujar Andrew.

Kehadiran Monash University melengkapi ekosistem pendidikan di BSD City yang telah menjadi tuan rumah bagi sejumlah institusi pendidikan seperti Universitas Atma Jaya, Universitas Prasetiya Mulya, dan International University Liaison Indonesia (IULI).

Kemudian, institusi berskala global seperti Apple Developer Academy dari Apple Inc. dan AWS Academy dari Amazon.

Para pelajar dan mahasiswa pun dapat menambah ilmu serta keahlian melalui pusat pendidikan non-formal seperti Purwadhika Digital Technology School, Techpolitan, Binar Academy, Creative Nest, dan NXL Esports Center.

Nantinya, lulusan Monash University diharapkan dapat mengisi kebutuhan sumber daya manusia (SDM) di beberapa perusahaan yang berkantor dalam kawasan Central Business District (CBD) BSD City seperti Unilever, NTT, Orami, MyRepublic dan lainnya.

Sebagai informasi, Monash University Indonesia akan mulai beroperasi pada Oktober 2021 dengan pada pendidikan tingkat Magister (S2) untuk bidang studi Data Science, Urban Design, Business Innovation, serta Public Policy & Management. (Suhaiela Bahfein)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Universitas Asing Pertama di Indonesia, Ada di BSD City",

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×