CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.018,99   5,77   0.57%
  • EMAS992.000 -0,70%
  • RD.SAHAM -0.20%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.12%

Menteri Pemberdayaan Perempuan jajaki kerja sama dengan PNM


Senin, 28 Oktober 2019 / 21:08 WIB
Menteri Pemberdayaan Perempuan jajaki kerja sama dengan PNM
ILUSTRASI. Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Gusti Ayu Bintang Darmawati sebelum pelantikan menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/10/2019). Presiden RI Joko Widodo mengumumkan dan melantik Menteri-mente


Reporter: Ahmad Ghifari | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kabinet Indonesia Maju I Gusti Ayu Bintang Darmawati mengunjungi PT Permodalan Nasional Madani (PNM) pada Senin, (28/10).

Kunjungan ini dilakukan untuk meninjau potensi-potensi kerja sama yang dapat dilakukan antara Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dengan salah satu produk unggulan PNM, Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar).

Baca Juga: Kemenkop UKM temukan 153 investasi bodong berkedok koperasi simpan pinjam

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati mengatakan, hal ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pemberdayaan perempuan pada dunia usaha, PNM telah mewujudkan pemberdayaan ibu-ibu pra-sejahtera melalui PNM Mekaar.

“Ini merupakan contoh konkrit pemberdayaan perempuan secara khusus ibu rumah tangga. Oleh sebab itu, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak akan menindaklanjuti pertemuan ini dengan merancang sinergi-sinergi yang dapat kita lakukan bersama PNM Mekaar dalam usaha untuk pemberdayaan ibu rumah tangga melalui wirausaha”, kata Gusti Ayu dalam siaran pers yang diterima Kontan.co.id, Senin (28/10).

Sebagai BUMN yang mengemban tugas khusus memajukan sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, PNM berkomitmen untuk memajukan pelaku UMKM termasuk perempuan.

Baca Juga: Ini dua PR utama Menperin baru di mata Indef

Upaya PNM dalam meningkatkan kesejahteraan perempuan dilakukan melalui PNM Mekaar, salah satu produk PNM untuk pemberdayaan dan pembiayaan ibu pra-sejahtera berbasis kelompok yang diluncurkan pada awal 2016.

PNM menerapkan metode tanggung renteng dengan membentuk kelompok-kelompok Mekaar yang terdiri dari 10 – 30 perempuan pra-sejahtera.

Saat ini Mekaar memiliki 5.580.105 nasabah binaan yang tersebar di seluruh Indonesia dengan total 366.080 jumlah kelompok. Selain itu PNM juga memiliki 30.625 orang jumlah pendamping nasabah atau account officer Mekaar yang merupakan perempuan lulusan SMA. PNM telah menyalurkan total pembiayaan 15,38 triliun untuk Mekaar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Financial Modeling & Corporate Valuation Fundamental THE FUTURE OF SELLING

[X]
×