kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mentan: Harga cabai naik karena faktor cuaca


Senin, 03 Februari 2020 / 15:04 WIB
Mentan: Harga cabai naik karena faktor cuaca
Menteri Perdagangan Agus Suparmanto dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo meninjau harga bahan pokok di Pasar Senen, Jakarta, Senin (3/2).


Reporter: Vendi Yhulia Susanto | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga cabai belakangan naik. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, kenaikan harga cabai lantaran sebelumnya terjadi kemarau panjang dan kemudian begitu masuk musim hujan langsung terjadi banjir. Hal ini menyebabkan terjadi penundaan penanaman cabai.

"Kalau cabai agak naik sekarang itu karena kemarau yang panjang kemarin dan banjir sehingga Jawa terjadi delay penanaman, karena itu hasilnya juga akan dimulai sampai Februari akhir," kata Syahrul usai meninjau harga bahan pokok di Pasar Senen, Senin (3/2).

Untuk mengatasi hal itu, Syahrul menyebutkan, pemerintah akan memasok cabai dari daerah-daerah yang saat ini sedang panen. Daerah-daerah itu antara lain berasal dari sejumlah wilayah di Kalimantan dan Sulawesi.

Baca Juga: BPS catat inflasi Januari 0,39%, berikut pendorongnya

Selain itu, pemerintah juga akan memperbaiki rantai distribusi dalam pengangkutan. Caranya dengan menggunakan pesawat dari yang sebelumnya menggunakan kapal laut. Meski begitu, Syahrul tidak menyebutkan berapa anggaran yang dibutuhkan untuk melakukan hal tersebut.

Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Suhanto mengatakan, anggaran angkutan untuk mempercepat rantai pasokan disubsidi oleh Kementerian Pertanian. Hal ini dilakukan ketika terjadi kenaikan harga seperti saat ini.

"Kementan yang menganggarkan. Memang sudah disediakan biaya ongkos angkut dari mentan, itu digunakan saat terjadinya harga-harga mengalami gejolak," ujar Suhanto.

Dalam pantauan Kontan.co.id, harga bawang putih dan cabai mengalami kenaikan di Pasar Senen. Obet (47) salah satu pedagang menyebutkan, harga cabai saat ini mencapai Rp 95.000/kg dan harga bawang putih mencapai Rp 50.000/kg.

Padahal, Ketua Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) Abdullah Mansuri mencatat, harga cabai pada Februari 2019 di kisaran Rp 30.000/kg - Rp 35.000/kg. Sementara harga bawang putih biasanya berada di kisaran Rp 30.000/kg - Rp 36.000/kg.

Baca Juga: Januari 2020, Indeks harga perdagangan besar (IHPB) naik 0,29%

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×