kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menparekraf: Ada 34 Juta pelaku pariwisata dan ekraf perlu prioritas vaksin Covid-19


Rabu, 17 Februari 2021 / 21:23 WIB
Menparekraf: Ada 34 Juta pelaku pariwisata dan ekraf perlu prioritas vaksin Covid-19
ILUSTRASI. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.


Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengapresiasi upaya pemerintah memvaksinasi 55.000 pedagang di Tanah Abang hari ini. Meski begitu, dia juga meminta agar pemerintah untuk turut memprioritaskan pelaku di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19.

Sandiaga mengatakan,  pedagang yang berjualan di Pasar Tanah Abang adalah bagian dari pelaku ekonomi kreatif, para pedagang ini menjual produk fashion. Pasar Tanah Abang sedniri merupakan salah satu pusat produk fashion terbesar di Asia Tenggara dan juga yang besar di Asia.

"Kami melihat Ini bentuk keberpihakan pemerintah terhadap pelaku ekonomi kreatif khususnya di bidang fashion. Namun, ada 34 juta pelaku sektor pariwisata dan ekonomi kreatif lainnya yang menunggu prioritas dari pemerintah dan tentunya stakeholder di bidang kesehatan," ujar Sandiaga dalam keterangan tertulis, Rabu (17/2).

Baca Juga: Apresiasi vaksinasi bagi sektor pariwisata, PHRI: Respons anggota sangat antusias

Sandiaga pun mengatakan, pandemi Covid-19 membuat sektor pariwisata terkontraksi sangat dalam. Dia juga menyebut bahwa sektor pariwisata cukup membebani atau menarik ke bawah potensi pemulihan ekonomi Indonesia. Karenanya, dia mengusulkan agar sektor pariwsiata diberikan prioritas vaksin tersebut.

"Kami mengusulkan khususnya agar sektor pariwisata terutama yang berhubungan langsung dengan masyarakat sebagai bentuk dari pelayanan publik bisa diberikan prioritas, khusus nya di Bali dan di beberapa destinasi wisata unggulan lainnya," ujar Sandiaga.

Sandiaga pun mengatakan pihaknya akan memastikan agar 34 juta  orang Pelaku Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bisa mendapatkan prioritas vaksinasi Covid-19.

"Kalau kita ingin perekonomian kita pulih seiring dengan langkah-langkah mengatasi Covid-19 tentunya harus dari dua sisi. Sisi pertama yaitu dengan bantuan sosial dan menggerakkan sektor konsumsi masyarakat maupun kebijakan-kebijakan yang mendongkrak pendapatan masyarakat. Juga harus diimbangi dengan penekanan pencegahan penularan virus Corona Covid-19 ini dengan 3M, 3T, dan juga Vaksinasi. Harapan kami ini bisa terealisasi dengan cepat," ujarnya.

Selanjutnya: Sandiaga Uno sebut realisasi hibah pariwisata di 2020 mencapai Rp 2,26 triliun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×