kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menkominfo Minta Pusat Data Nasional Selesai Tepat Waktu dengan Kualitas Optimal


Rabu, 04 Januari 2023 / 16:27 WIB
Menkominfo Minta Pusat Data Nasional Selesai Tepat Waktu dengan Kualitas Optimal
ILUSTRASI. Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate melakukan inspeksi mendadak ke lokasi pembangunan Pusat Data Nasional (PDN). ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/foc.


Reporter: Handoyo | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate melakukan inspeksi mendadak ke lokasi pembangunan Pusat Data Nasional (PDN) di kawasan Greenland International Industrial Center Deltamas Cikarang Bekasi, Rabu (4/1).

Sebagai salah satu proyek strategis nasional yang menjadi perhatian Presiden Joko Widodo, Menteri Johnny meminta pembangunan dilakukan sesuai rencana dan standar internasional.

"Sukses dan berhasilnya pembangunan ini akan mendorong infrastruktur pemerintahan berbasis elektronik. Ini harus dijaga," tandasnya.

Baca Juga: Menkominfo: Lokasi Pusat Data Nasional (PDN) Berjarak Sekitar 40 Km dari Jakarta

Menkominfo menyatakan saat ini sudah dua bulan setelah seremoni groundbreaking. Secara khusus sidak kali ini untuk mengetahui perkembangan pembangunan PDN.

"Dua bulan setara dengan 8 persen yang lewat dari 24 bulan perencanaan. Saya ingin lihat apa saja yang sudah dilakukan dalam dua bulan. Apa masih dalam schedule yang direncanakan itu," tuturnya.

Untuk memastikan pekerjaan berlangsung dengan baik, Menteri Johnny meminta semua pihak yang terlibat memperhatikan perkembangan pembangunan.

"Concern dengan progress. Bukan zamannya lagi janji-janji. Tidak hanya fisik, tapi seluruh spesifikasi yang ada. Apa benar tahan gempa, termasuk memenuhi standar Tier 4," ungkapnya.

Menkominfo menyatakan pembangunan PDN sebagai proyek strategis nasional banyak pihak yang mengawasi tanpa hadir.

"Jangan sampai teledor. Semua pihak dan unsur pemerintah yang terlibat dalam setiap tahap. Terutama memenuhi syarat perizinan, jangan sampai terundur sejam sekalipun. Kalau ada kesulitan izin kasih tahu saya," ujarnya.

Baca Juga: Pemerintah Bakal Memulai Pembangunan Data Center di Bekasi

Menteri Johnny menginstruksikan seluruh pejabat di lingkungan Kementerian Kominfo untuk memperhatikan seluruh perkembangan pembangunan.

"Penerapan dipercepat, jangan sampai rencana besar tapi realisasi rendah. Jangan sampai terhambat, apalagi akan ada perubahan dalam layanan pemerintah. Nanti, rutin kita lakukan progress review meeting. Tanggal 20 Oktober 2024 harus sudah selesai," tandasnya.

PDN pertama dibangun di atas lahan seluas 14.022 meter persegi. Pusat data ini menjadi pilot project pertama untuk Green Building GBCI level Platinum yang disertifikasi secara internasional. Selain itu, PDN juga akan memiliki Sertifikasi Bangunan Gedung Hijau level Utama dan TIA 942 Rated 4. Proses pembangunan gedung akan dimulai April 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×