kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Menko Perekonomian minta bank percepat penggunaan kartu KUR


Senin, 25 Maret 2019 / 17:15 WIB
Menko Perekonomian minta bank percepat penggunaan kartu KUR

Reporter: Nur Qolbi | Editor: Yoyok

KONTAN.CO.ID - DEMAK. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution meminta bank untuk mempercepat penggunaan kartu dalam penarikan Kredit Usaha Rakyat (KUR), terutama untuk petani padi. Darmin mengatakan, kartu KUR ini berguna untuk merekam jejak pinjaman nasabah KUR.

Lewat kartu ini, bank penyalur dapat mengecek apakah nasabah tersebut sudah melunasi kreditnya. “Supaya kalau sudah lunas ketahuan di kartunya. Kalau mau pinjam lagi tidak harus buat formulir lagi,” kata dia di Demak, Jawa Tengah, Minggu (24/3).


Dengan begitu, kartu KUR ini bakal mempercepat proses pengajuan pinjaman berulang. Di dalam kartu tersebut, juga bakal tertera identitas nasabah. Mulai dari nomor identitas, nama lengkap, hingga alamat rumah.

Darmin menyadari bahwa transformasi perekaman data KUR ini cukup sulit dan tidak bisa selesai dalam waktu cepat. Oleh karena itu, ia mendorong bank-bank besar dulu yang memulai transformasi ini.

“Mungkin Bank Rakyat Indonesia (BRI) akan lebih siap. Kami ingin supaya bank-bank besar dulu. Bank kecil nanti saja. Saya tahu itu susah tapi BRI punya satelit,” kata dia.




TERBARU

Close [X]
×