kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45866,25   0,74   0.09%
  • EMAS918.000 0,11%
  • RD.SAHAM -0.32%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

Menko Luhut: Waspada dengan kenaikan kasus Covid-19 pasca Lebaran


Kamis, 27 Mei 2021 / 23:07 WIB
Menko Luhut: Waspada dengan kenaikan kasus Covid-19 pasca Lebaran
ILUSTRASI. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan mengaku cemas dengan kenaikan kasus positif Covid-19 pasca Lebaran 2021.

Reporter: Titis Nurdiana | Editor: Titis Nurdiana

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengaku memasang radar waspada dengan potensi lonjakan kasus positif Covid-19, pasca libur Lebaran 2021.

Kondisi ini menyusul mulai meningkatnya kasus aktif positif virus corona atau Covid-19 dalam beberapa waktu terakhir. 

Berdasarkan data Kementeriam Kesehatan, Kamis (27/5), kasus terkonfirmasi COVID-19  bertambah 6.278. Penambahan ini membuat jumlah kasus terkonfirmasi dari infeksi virus corona di Indonesia mencapai 1.797.499.

Jawa Barat menjadi provinsi dengan laporan penambahan kasus konfirmasi COVID-19 terbanyak hari ini yaitu 1.370. Lalu, DKI Jakarta hari ini melaporkan 940 kasus terkonfirmasi dan Riau melaporkan 810 kasus konfirmasi COVID-19.

Luhut menyebut kondisi ini harus diwaspadai.  "Kita tetap harus hati-hati karena setelah balik lebaran ini kelihatan ada peningkatan," ungkapnya dalam acara Indonesia Investment Forum 2021 secara virtual, Kamis (27/5).

Baca Juga: Luhut sebut peningkatan kasus positif Covid-19 pasca Lebaran di bawah perkiraan

Luhut menyebut, hingga dua minggu ke depan, potensi kenaikan kasus corona berpotensi terjadi. Libur Lebaran 2020, ada risiko penularan kasus positif  Covid-19.

"Masih ada waktu dua minggu ke depan untuk kita waspadai, kira-kira sampai di mana," terangnya.

Meski begitu, kata Luhut, kenaikan kasus positif virus corona jenis baru tersebut di nilai masih dalam batas wajar. Kata dia, upaya pemerintah untuk menekan laju penularan Covid-19 dinilai berhasil.

"Kalau kita lihat angka, strategi kita cukup ampuh menangani," bebernya.

Adapun, upaya yang dimaksud tersebut ialah percepatan pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Dengan begitu, kekebalan kelompok atau herd immunity mulai terbentuk. "Karena, jumlah (orang) yang divaksin sudah makin cukup banyak," ucap Luhut.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

 

 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×