kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menkeu Sri Mulyani Ingatkan Indonesia Harus Waspadai Lonjakan Inflasi Global


Rabu, 16 Februari 2022 / 19:27 WIB
Menkeu Sri Mulyani Ingatkan Indonesia Harus Waspadai Lonjakan Inflasi Global
ILUSTRASI. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.


Reporter: Dendi Siswanto | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, Indonesia kini harus mewaspadai lonjakan inflasi dunia terutama di negara-negara maju. Seperi negara Amerika Serikat (AS) yang telah menembus di angka 7,5%.

“Yang harus diwaspadai tadi disampaikan ke presiden, adalah lonjakan inflasi dunia terutama di negara-negara maju seperti diketahui AS mencapai 7,5% inflasinya pada bulan Februari ini, dan ini akan mendorong kenaikan suku bunga dan pengetatan lukuiditas,” ujar Sri Mulyani dalam konferensi pers setelah Sidang Kabinet Paripurna, (16/2).

Hal ini tentu akan memberikan dampak spill over atau rambatan yang harus diwaspadai dalam bentuk capital flow. Menurutnya, arus modal (capital flow) akan mendapat pengaruh negatif dari kenaikan suku bunga dan dari sisi imbal hasil (yield) dari Surat Berharga Negara (SBN). Tentu saja ini akan mendorong dalam hal biaya surat utang negara.

Baca Juga: Inflasi Inggris Ada di Laju Tercepat 30 Tahun, Kenaikan Suku Bunga BOE di Depan Mata

Dirinya menambahkan, lingkungan ini harus diwaspadai karena negara-negara emerging, inflasinya sudah mengalami peningkatan. Seperti Argentina mencatat inflasi 50%, Turki 48%, Brazil 10,4%, Rusia 8,7% dan Meksiko 7,1%.

“Kenaikan infasi yang tinggi tentu akan bisa mengancam proses pemulihan ekonomi karena daya beli masyarakat tentu akan tergerus. Ini yang akan diwaspadai,” kata Sri Mulyani.

Sri Mulyani menambahkan, struktur APBN 2023 akan kembali mengikuti seperti sebelum pandemi, yaitu kembali dengan postur defisit di bawah 3%.

“Kami masih akan melakukan langkah-langkah untuk membuat detail Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (KEM-PPKF), yang dipresentasikan di DPR untuk menjadi bahan dalam menyusun RAPBN kita tahun 2023 yang masih akan berjalan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×