kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.009,71   -2,33   -0.23%
  • EMAS988.000 -0,20%
  • RD.SAHAM -0.27%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.09%

Menkeu optimistis ekonomi kuartal II-2021 capai 7%, ini empat faktor pendorongnya


Kamis, 22 April 2021 / 14:42 WIB
Menkeu optimistis ekonomi kuartal II-2021 capai 7%, ini empat faktor pendorongnya
ILUSTRASI. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.


Reporter: Yusuf Imam Santoso | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan akselerasi pemulihan ekonomi akan berlangsung di kuartal II-2020. Menkeu memprediksi ekonomi dalam negeri bisa tumbuh hinggal 7% year on year (yoy) pada periode April hingga Juni 2021. 

Menkeu Sri Mulyani percaya diri ekonomi bisa tumbuh positif dari realisasi kuartal II-2020 yang minus 5,32% yoy. Menurutnya, konsumsi diperkirakan akan terus menguat pada kuartal II-2021 karena empat faktor. 

Pertama, dampak peningkatan keyakinan masyarakat terus membaik. Hal ini seiring dengan akselerasi program vaksinasi virus corona dan meningkatnya aktivitas ekonomi.

Kedua, secara teknikal ekonomi dalam negeri rebound dari kontraksi pertumbuhan ekonomi yang terdalam pada kuartal II-2020 lalu.

Baca Juga: Bappenas desak Kemenkeu terapkan pajak Karbon dan pangkas subsidi BBM

Ketiga, aktivitas konsumsi di lebaran yang lebih baik dibandingkan tahun lalu. Beberapa sektor pada Maret lalu mengalami peningkatan konsumsi dan diperkirakan akan terus terjadi yakni pada sektor makanan dan minuman, informasi, transformasi, pakaian, perlengkapan rumah tangga, dan rekreasi.

Keempat, respon masyarakat akan pemanfaatan program stimulus perekonomian dalam hal ini program pemulihan ekonomi nasional (PEN) 2021.

“Inilah yang menjadi titik balik perekonomian kita pada kuartal II. Keempat faktor ini akan mendorong kuartal II-2021 yang akan terakselerasi positif dan signifikan, ini hal yang kita dukung dan monitor selama covid bisa terjaga,” kata Menkeu Sri Mulyani saat Konferensi Pers Realisasi APBN, Kamis (22/4).

Adapun untuk keseluruhan tahun 2021, Menkeu memproyeksikan ekonomi dalam negeri akan berada di kisaran 4,5% hingga 5,3% yoy.

Selanjutnya: Prospek cerah, begini rekomendasi saham Indofood Sukses Makmur (INDF)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×