kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menkes: Stok Vaksin Booster Aman Saat Masa Mudik Lebaran


Rabu, 23 Maret 2022 / 22:18 WIB
Menkes: Stok Vaksin Booster Aman Saat Masa Mudik Lebaran
ILUSTRASI. Tenaga kesehatan bersiap menyuntikkan vaksin COVID-19 dosis ketiga kepada warga . ANTARA FOTO/Galih Pradipta/rwa.


Sumber: Kompas.com | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, saat ini stok vaksin Covid-19 untuk dua dosis sampai booster atau dosis ketiga masih cukup hingga empat bulan mendatang. 

Menurut Budi, persediaan vaksin Covid-19 di dalam negeri memadai, termasuk jika pemerintah melakukan peningkatan pemberian vaksinasi booster atau dosis ketiga bagi para pemudik pada Idul Fitri sebelum mereka melakukan perjalanan pulang kampung. 

"Masih ada 80 juta dosis vaksin untuk suntik booster dan suntik dosis kedua," kata dalam jumpa pers virtual Kementerian Kesehatan, Rabu (23/3). 

"Biasanya untuk seminggu rata-rata menghabiskan 5 sampai 6 juta dosis. Untuk kondisi normal kira-kira 20 jutaan (dosis) dalam satu bulan. Stok kita masih cukup untuk 4 bulan, masih cukup stoknya," lanjut Budi. 

Budi mengatakan, para pemudik yang belum mendapatkan vaksin booster akan diberikan dosis ketiga sebelum melakukan atau di tengah perjalanan. 

Baca Juga: Pemudik yang Sudah Vaksin Booster Tak Perlu Tes Antigen dan PCR

Dengan kebijakan itu diharapkan tingkat kekebalan tubuh para pemudik meningkat dan tidak membahayakan sanak saudara atau orang tua mereka di kampung halaman. 

Akan tetapi, para pemudik yang diberikan dosis booster khusus untuk yang sudah mendapatkan dua dosis. Kebijakan itu berlaku bagi pemudik dengan kendaraan umum atau pribadi. 

"Kalau mereka mau di-booster saat itu nanti dipersiapkan oleh Kementerian Perhubungan, tempat-tempat vaksinasi gratis di fasilitas-fasilitas angkutan umum," ucap Budi. 

"Nanti akan ada tempat-tempat khusus baik di angkutan umum maupun beberapa pos, dan kalau naik angkutan pribadi bisa juga disuntik keduanya, lengkapnya di sana," ujar Budi. 

Budi juga mengatakan pemerintah tidak akan mewajibkan tes PCR dan antigen bagi para pemudik yang sudah mendapatkan vaksinasi booster sebelum berangkat. 

Sedangkan bagi pemudik yang baru mendapatkan satu dan dua dosis maka diharuskan melampirkan hasil negatif tes antigen dan PCR sebagai syarat perjalanan mudik Lebaran 2022.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com berjudul: "Menkes Jamin Stok Vaksin Booster Aman saat Masa Mudik Lebaran 2022 "

Editor : Aryo Putranto Saptohutomo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×